Sukses

Tim Robotik Indonesia Raih Medali Perak di Ajang Internasional

Tim robotik Indonesia dari Madrasah Aliyah TechnoNatura, Depok, mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Generasi muda Indonesia kembali menorehkan prestasinya di kancah internasional. Kali ini tim robotik Indonesia dari Madrasah Aliyah TechnoNatura, Depok, mengharumkan nama Indonesia.

Tim TechnoNatura mengikuti kompetisi robotik internasional di ajant First Global Challenge 2017. Ajang tersebut berlangsung di Washington DC dan diikuti oleh 160 negara. Setiap tim beranggotakan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat.

Di ajang tersebut, tim TechnoNatura bertarung melawan robot dari negara lain dalam enam ronde selama dua hari. Tiap negara berusaha menjadi yang terbaik untuk merebut juara di tiap kategori.

Ada sepuluh kategori yang dilombakan. Misalnya mengumpulkan poin dari memasukkan bola dengan robot, rancangan dan inovasi teknik, tema persatuan internasional, dan lain-lain.

Perjuangan tim perwakilan Indonesia itu pun berbuah hasil. Tim TechnoNatura berhasil meraih medali perak untuk kategori inovasi teknik terbaik. Kemenangan ini adalah hasil dari persiapan selama enam bulan.

Salah satu anggota TechnoNatura, Radid, mengatakan bahwa timnya selalu percaya diri untuk menang. Saat nama Indonesia dipanggil, ia mengaku sangat terkejut.

Kompetisi First Global Challenge tahun ini adalah kompetisi perdanauntuk skala internasional. Tahun depan, First Global Challenge akan berlangsung di Mexico City, Mexico. Semoga saja Indonesia bisa berpartisipasi lagi dan tentunya menjadi juara.

(Theofilus Ifan Sucipto/Why) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.