Sukses

Bos Apple Takut Jika Manusia Berpikir Seperti Komputer

Bos Apple Tim Cook tak takut komputer berpikir seperti manusia, ia justru takut kalau menusia berpikir seperti komputer. Apa alasannya?

Liputan6.com, Jakarta - Bos Apple Tim Cook menjadi pembicara di acara wisuda kampus teknologi terkemuka Massachusetts Institute of Technology (MIT), Jumat lalu.

Dalam pidatonya di kampus pemimpin pembelajaran ilmu komputer dan teknologi robot itu, Cook berbicara tentang aspek dehumanisasi dan meminta lulusan MIT untuk menanamkan nilai kemanusiaan pada diri mereka.

"Saya tak khawatir terhadap kecerdasan buatan yang memberikan kemampuan komputer untuk berpikir seperti manusia," kata Cook sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Reuters, Rabu (14/6/2017).

Ia melanjutkan, "Saya lebih khawatir jika manusia berpikir seperti komputer tanpa mempertimbangkan nilai dan rasa belas kasih, tanpa mempedulikan konsekuensi (dari perbuatan mereka)."

Berbicara di hadapan ribuan lulusan MIT, Tim Cook memuji manfaat perangkat baru dan media sosial. Namun, dirinya mengingatkan teknologi yang sama bisa menjadi ancaman terhadap privasi. Oleh karena itu, Cook mengatakan teknologi harus diimbangi dengan pengetahuan manusia.

"Teknologi bisa melakukan banyak hal hebat, tapi bukan hal hebat dan berbagai hal lainnya yang mengambil peran kita," kata pria berkaca mata itu.

Tim Cook berbicara di MIT tak lebih dari 15 menit. Sebelumnya, pendiri Apple Steve Jobs juga berpidato di acara wisuda MIT. Jobs waktu itu menguraikan pemikirannya yang bebas dan berpesan agar lulusan MIT melakukan pekerjaan yang mereka sukai.

(Tin/)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.