Sukses

Kamera Medium Format Fujifilm Melenggang 19 September?

Liputan6.com, Berlin - Juni 2016 kemarin, Hasselblad mengumumkan kehadiran kamera mirrorless medium format pertamanya, X1D.

Saat itu, Hasselblad boleh berbangga karena menjadi satu-satunya vendor dengan kamera mirrorless berteknologi medium format.

Namun kini, Hasselblad akan 'disalip' Fujifilm. Pasalnya, vendor kamera asal Negeri Matahari Terbit itu juga akan meluncurkan kamera mirrorless medium format pada bulan ini, tepatnya pada 19 September 2016 lewat gelaran Photokina 2016 yang akan dihelat di Berlin, Jerman.

Dilansir Ubergizmo, Senin (12/9/2016), kamera mirorless medium format Fujifilm akan dibanderol lebih murah dari XD1.

Sebagai informasi, harga kamera mirrorless medium format buatan vendor asal Swedia ini dipatok dengan harga cukup tinggi, yakni sebesar US$ 9.000 atau setara dengan Rp 118 juta. Kemungkinan, seri medium format Fujifilm tidak akan meyentuh angka sebesar itu.

Seperti yang diungkap laman Fuji Rumors, seri medium format Fujifilm ini akan memiliki tiga lensa--dua di antaranya merupakan lensa utama, dan satunya lagi merupakan lensa zoom. Sayangnya, pihak Fujifilm tidak memberikan bocoran soal nama seri dan spesifikasi kamera mirrorless medium formatnya ini.

Kamera medium format sebetulnya memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh kamera-kamera lain. Salah satunya, ia mampu menciptakan foto kelas profesional yang tidak dapat dihasilkan oleh kamera dengan format lebih kecil.

Biasanya, perangkat medium format hadir dalam bobot relatif besar dan berat dan kerap digunakan di dalam studio fotografi.

Nah, pada poin ini Hasselblad boleh dibilang menjadi penggebrak ranah medium format dengan menghadirkan mirrorless yang notabene memiliki bodi yang ringan. Begitu pun dengan Fujifilm yang selalu dikenal dengan perangkat kamera mirrorless-nya yang mutakhir.

(Jek/Ysl)

Loading