Sukses

Ini 10 Perusahaan Teknologi yang Cocok Jadi Tempat Kerja

Liputan6.com, California - Perusahaan teknologi, terutama yang sudah terkenal di Silicon Valey terkenal memiliki kantor modern, tunjangan berlipat ganda, serta gaji di atas rata-rata. Makanya, tak sedikit orang yang ingin bekerja di perusahaan teknologi di Amerika Serikat (AS). 

PayScale dan Business Insider merangkumnya berdasarkan kepuasan bekerja, rendahnya tingkat stres, kemudahan untuk berkomunikasi, hingga besaran gaji untuk karyawan yang bekerja minimal lima tahun.

Seperti Tekno Liputan6.com kutip dari laman Business Insider, Minggu (8/5/2016), berikut adalah beberapa perusahaan teknologi yang cocok dijadikan tempat bekerja. Apa saja?

10. Advanced Micro Devices
Bermarkas di Sunnyvale California, perusahaan ini memberikan bayaran sebesar US$ 102.000 atau Rp 1,36 miliar untuk mereka yang telah bekerja lima tahun di sana. Perusahaan semi konduktor ini memiliki komitmen go green dan memberikan penghargaan bagi karyawan yang menghemat energi di tempat kerja.

Meski hanya 22 persen pekerja di Advanced Micro Devices yang berjenis kelamin perempuan, PayScale memengungkap, perusahaan ini memberikan treatment spesial untuk perempuan, misalnya mentoring eksekutif.

9. Intel
Perusahaan ini memberikan gaji rata-rata US$ 118.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar untuk karyawan yang telah bekerja lebih dari lima tahun. Dengan tingkat kepuasan kerja mencapai 72 persen, Intel ingin semua karyawannya membangun mimpi masing-masing. Misalnya dengan kehadiran penasihat karier, jaringan, sertifikasi, serta bantuan biaya kuliah.

Pencapaian Intel di pasar tablet bukan tanpa kerja keras, karena Intel ternyata memiliki serangkaian strategi jitu.
Sedangkan di luar hari kerja, perusahaan memberikan fasilitas seperti pusat kebugaran, tiket untuk menonton acara olahraga dan budaya, serta pemberian program belanja diskon.

8. eBay
Perusahaan yang bermarkas di San Jose, California ini memberikan gaji US$ 125.000 atau setara Rp 1,6 miliar.

eBay (fortune.com)

7. Expedia

Perusahaan ini berkantor di Bellevue, Washington. Di sana, gaji karyawannya mencapai US$ 115.000 atau Rp 1,5 miliar. Perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan travel online ini mempekerjakan 18.000 karyawan di 30 negara. Nah, setiap karyawannya mendapatkan manfaat berupa diskon travel.

2 dari 2 halaman

Facebook, Google, Symantec

6. Cisco System
Karyawan Cisco System memiliki tingkat kepuasan kerja sebesar 75 persen dan mendapatkan gaji US$ 124.000 atau setara Rp 1,6 miliar. Perusahaan yang bermarkas di San Jose California ini juga menerapkan fleksibilitas, dengan mengizinkan karyawannya bekerja dari jarak jauh.

Beberapa fasilitas yang diberikan perusahaan di antaranya adalah pusat kebugaran dan jalur sepeda, cafe, food truck, ruang menyusui, tempat bermain anak, dan lain-lain.

5. NetApp
Pegawai di NetApp digaji US$ 129.000 atau Rp 1,7 miliar dengan tingkat kepuasan kerja karyawab mencapai 75 persen. Perusahaan yang bergerak di bidang penyimpanan data dan manajemen komputasi ini menyediakan pusat kebugaran serta makanan dan minuman gratis bagi karyawannya.

4. Microsoft
Perusahaan bentukan Bill Gates ini selain memberikan gaji besar, yakni US$ 129.000 atau Rp 1,7 miliar juga cukup fleksibel. Menurut PayScale, 40 persen karyawan Microsoft melaporkan bisa bekerja dari rumah.

Agar lebih terbuka, Microsoft akan segera merombak kantor pusatnya yang berlokasi di Redmond, Washington.
Selain itu, pada Oktober 2015, perusahaan bermarkas di Redmond Washington ini juga mulai mengimplementasikan cuti berbayar selama 12 minggu bagi karyawan maupun karyawatinya. Cuti ini diberikan bagi mereka yang baru menjadi orangtua.

3. Facebook
Jejaring sosial milik Mark Zuckerberg ini menggaji karyawannya sebesar US$ 135.000 atau Rp 1,8 miliar, di mana tingkat kepuasan kerja karyawannya mencapai 97 persen.

Meja Kerja Kantor Facebook
Mereka yang bekerja di sana mengatakan, Facebook adalah salah satu tempat kerja terbaik. Para karyawan mendapatkan berbagai fasilitas seperti dokter chiropractic, layanan laundry dan dry cleaning, lintasan bersepeda, hingga cuti berbayar selama 4 bulan bagi karyawan yang baru menjadi orangtua.

2. Symantec
Memiliki karyawan sebanyak 21.000 orang, perusahaan yang bergerak di bidang keamanan online ini memberikan gaji US$ 119.000 atau Rp 1,5 miliar. Menurut PayScale, karyawan dengan bayaran tertinggi adalah mereka yang bekerja bidang engineering dengan bayaran US$ 140.000 atau Rp 1,8 miliar.

1. Google
Dengan bayaran US$ 140.000 atau Rp 1,8 miliar, Google menjadi tempat kerja nomor satu di bidang perusahaan teknologi. 

Ruang fitness di kantor Google Tel Aviv | via: lifehack.org
Karyawan mesin pencari yang bermarkas di Mountain View California ini juga mendapatkan manfaat seperti makanan dan minum gratis, dukungan teknologi selama 24 jam, fasilitas pijat, pusat kebugaran dan gym, serta rencana perjalanan untuk liburan.

(Tin/Cas)