Sukses

5 Laptop Terunik dengan Kemampuan Luar Biasa

Berikut ini daftar laptop dengan desain unik dan kemampuan luar biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Laptop mungkin telah menjadi salah satu perangkat wajib yang dimiliki saat ini. Perangkat komputer jinjing tersebut sangat mendukung kebutuhan pengguna dengan mobilitas tinggi untuk tetap dapat bekerja. 

Namun, tahukah Anda ternyata di antara laptop-laptop yang umum di pasaran ada beberapa laptop yang memiliki desain dan kemampuan lain dari pada yang lain. Mulai dari laptop tahan banting sampai yang dibekali dock pendiingin khusus. 

Penasaran dengan laptop unik tersebut. Berikut tim Tekno Liputan6.com sajikan 5 (lima) laptop unik, seperti dikutip dari laman Tech Insider, Sabtu (7/5/2016). 

1. MSI GT80 Titan

MSI GT80 Titan, laptop dengan keyboard mekanik (sumber: gsmarena.com)
Ketika akan memakai laptop, pengguna tak bisa berharap akan mendapatkan kualitas dan ukuran keyboard layaknya keyboard pada PC. Hal itu disebabkan keyboard untuk laptop jelas disesuaikan dengan ukuran perangkat itu sendiri.

Namun tidak dengan laptop besutan MSI ini, yakni MSI GT80 Titan. Alih-alih menggunakan keyboard yang disesuaikan dengan ukurannya, laptop ini membenamkan keyboard tambahan serupa keyboard PC, lengkap dengan mouse.

Kehadiran keyboard mekanik ini memang sesuai dengan sasaran MSI GT80 Titan yakni para gamer. Dengan merasakan pengalaman keyboard yang sama layaknya PC, jelas para gamer akan merasa sangat terbantu meski membuat laptop itu lebih berat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asus dan Dragonfly

2. Asus ROG GX700
Asus ROG GX700, laptop dengan sistem cooling dock terpisah yang menjanjikan performa lebih mumpuni (sumber: wccftech.com)
Sesuai dengan namanya, laptop besutan Asus ini menyasar para gamer kelas berat. Lantas, apa yang membuatnya beda dari laptop sejenis lainnya? Kehadiran sistem liquid cooling yang menjadi jawabannya.

Mungkin sistem pendingin itu terasa biasa saja, tapi tidak dengan Asus ROG GX700. Sistem pendingin laptop ini merupakan sebuah dock khusus yang mampu mendinginkan 'jeroan' laptop ketika sedang digunakan.

Meskipun pada dasarnya laptop masih dapat bekerja normal tanpa dock pendingin. Penggunaan sistem pendingin tambahan ini dapat mencegah kartu grafis menjadi overheat akibat digunakan terlalu lama.

3. Dragonfly Futurfön

Dragonfly Futurfön, laptop 2-in-1 yang dapat berfungsi sebagai sebuah laptop berlayar ganda (sumber: ubergizmo.com)
Ketika melihat tampilan laptop ini, mungkin sebagian kalangan menyebutnya sebagai laptop 2 in 1. Jenis ini memungkinkan sebuah perangkat dapat berfungsi sebagai tablet maupun laptop.

Namun, nyatanya laptop ini dapat mengubah dirinya menjadi sebuah perangkat komputer ganda. Salah satu layar dapat menjalankan Windows dan layar lainnya menjalankan Android.

Hal itu memang dimungkinkan apabila ada dua Dragonfly Futurfön yang disambungkan. Saat ini, laptop unik tersebut masih dalam tahap pengembangan setelah berhasil menggelar kampanye pendanaan di Indiegogo pada 2014.

3 dari 3 halaman

Getac dan Acme

4. Getac B300-X
Getac B300-X, laptop dengan ketangguhan performa yang dibalut bodi luar biasa (sumber: getac.com)
Laptop ini menawarkan ketangguhan performa yang didukung kekuatan material laptop. Bagaimana tidak, Geta B300-X dibekali jeroan paling anyar dari Intel, ditambah magnesium alloy berkualitas tinggi untuk bodinya.

Tak hanya itu, Getac B300-X juga didukung kapasitas baterai melebihi laptop sejenis. Hal ini dimungkinkan, sebab laptop ini dibekali konfigurasi dual battery yang memungkinkan pengisian daya hingga dua kali lipat dari normal, yakni sekitar 30 jam pemakaian.

Hal menarik lain yang ada di Getac B300- X adalah laptop ini memiliki fungsi layaknya server berjalan yang didukung layar. Julukan itu bukan tanpa alasan karena laptop ini dapat menyimpan sampai 5 harddisk sekaligus.

5. Sherlock 4:4
Sherlock 4:4, laptop khusus untuk para ahli forensik digital (sumber: acmeportable.com)
Sekali melihat tampilan laptop besutan Acme Portable ini dipastikan tak sedikit orang yang tercengang. Desain yang gahar dengan tampilan bodi hitam, mengesankan laptop ini memiliki kemampuan yang dipastikan mumpuni.

Hal ini juga disesuaikan dengan fungsi laptop yang ditujukan sebagai perangkat kerja untuk ahli forensik digital. Dilengkapi dengan penggantian 4 harddisk secara langsung, pengguna tak perlu direpotkan ketika kehabisan memori.

Namun, bagi Anda yang sering menjinjing laptop dengan bobot normal, mungkin akan terasa merepotkan. Bagaimana tidak, laptop ini memiliki berat 12 kg, sementara kebanyakan laptop memiliki bobot 1,8 kg.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.