Sukses

Tips Beli Ponsel Sesuai Pilihan Sistem Operasi

Liputan6.com, Jakarta - Pasti akan selalu ada pertanyaan di benak Anda sebelum membeli smartphone, baik soal spesifikasi, desain, hingga budget kantong.  

Tak kalah penting, pertanyaan akan lebih banyak muncul bagi mereka yang termasuk dalam kategori pemula (entry level). Terlebih soal sistem operasi yang diinginkan. Misalnya, iOS, Android, Windows Phone, atau BlackBerry.

Untuk itu, seperti dikutip oleh Digital Trends, Sabtu (23/4/2016), tim Tekno Liputan6.com, akan mengulas singkat trik memilih sistem operasi ponsel sesuai karakter Anda.

1. iOS

Sistem operasi besutan Apple ini tampil dengan user interface dan tema yang selalu sama di setiap seri ponselnya. Meski tak bisa 'diotak-atik', iOS memiliki keunggulan pada ekosistem aplikasi. Selain itu, Apple menawarkan desain elegan pada setiap perangkatnya. 

Maka itu, produk Apple sejatinya lebih mengutamakan status sosial dan kualitas. Karena mereka yang memilih produk Apple lebih bersedia membayar mahal. 

2. Android

Salah satu keunggulan yang banyak diamini pengguna Android adalah kemudahannya untuk dapat diotak-atik. Ya, sistem operasi buatan Google tersebut memungkinkan Anda untuk mengkustomisasi perangkat sesuai keinginan. Misal, tema, jenis huruf (font), hingga launcher. 

Namun, soal privasi dan keamanan Android, risikonya cukup tinggi mengingat sebagian besar aplikasi di Android gratis. Meski begitu, sistem operasi ini ini cocok bagi Anda yang gemar teknologi.

3. Windows Phone

Sistem operasi Windows dari Microsoft ini memang masih kalah populer dibandingkan iOS dan Android. Namun sebetulnya, Windows Phone patut jadi perhitungan Anda. 

Microsoft mengutamakan keamanan dan integrasi segala layanan pada perangkat Windows sehingga penggunanya lebih cepat dalan mengakses sesuatu.

Sistem operasi ini menampilkan desain kotak-kotak pada user interface-nya yang ikonik. Pengguna Windows Phone disebut memiliki karakter lebih mandiri dari pengguna iPhone, lebih menyenangkan dari BlackBerry, tetapi kurang toleran terhadap perubahan ketimbang pengguna Android.

4. BlackBerry

BlackBerry boleh dibilang tak lagi segemilang beberapa tahun silam. Namun, tahukah Anda? BlackBerry terkenal berkat teknologi keamanan pada smartphone-nya. Fitur push email BlackBerry juga belum ada yang menandingi. 

Ponsel asal Kanada ini cocok bagi para pekerja dengan keyboard Qwerty-nya. Sayangnya, tak banyak aplikasi yang dikembangkan untuk ponsel BlackBerry. 

Maka tak heran, BlackBerry lebih sering digunakan untuk kepentingan pekerjaan ketimbang hiburan (entertainment).

(Cas)

Loading