Sukses

Melongok Facebook 'VIP' Milik Mark Zuckerberg

Facebook VIP milik Zuck hadir dengan warna yang berbeda, yaitu kuning. Seperti apa perbedaannya?

Liputan6.com, Jakarta - Ketika menggelar Live Video pada pekan lalu, Mark Zuckerberg sengaja memperlihatkan aplikasi Facebook yang terinstal di iPhone-nya. Ada yang berbeda dari aplikasi Facebook miliknya, yaitu munculnya fitur-fitur yang tidak ada di aplikasi Facebook perangkat iOS dan Android. Seperti apa fitur-fitur tersebut?

Seperti dilansir Tech Insider dari The Verge, Senin (11/4/2016), Facebook 'VIP' milik pria yang akrab disapa Zuck ini memiliki warna berbeda dari aplikasi Facebook pada umumnya. Jika aplikasi Facebook hadir dalam warna khas biru, maka aplikasi Facebook `VIP` itu hadir dengan warna kuning.

"Aplikasi Facebook berwarna kuning ini artinya aplikasi yang dirancang untuk keperluan internal," kata Zuck.

yellow version facebook skitch

Lalu, Zuck melanjutkan dengan membuka Facebook VIP-nya tersebut. Sambil mendemonstrasikan cara broadcast video, Zuck memamerkan sejumlah fitur yang hadir di dalamnya.

"Berbeda dengan aplikasi Facebook yang biasanya, di sini Anda bisa tap ikon 'Composer' di atas layar dan memilih 'What's on your mind?'" tambah Zuck.

Di sinilah perbedaannya muncul, jika di aplikasi Facebook biasa pengguna harus menge-tap ikon 'Status' untuk meng-update, di aplikasi Facebook `VIP` ini pengguna hanya perlu menge-tap ikon 'What's on your mind' dan memilih apa yang akan di-update. Entah itu status tulisan, foto, video, feeling, slideshow, gambar GIF, dan musik sekali pun.

Sebagai informasi, Facebook baru saja meluncurkan layanan terbaru bernama Live untuk pengguna di Indonesia. Facebook Live adalah layanan video broadcast dari Facebook yang diperkenalkan pada Agustus 2015.

Saat itu, Live hanya ditujukan secara terbatas untuk selebritas dengan laman yang telah diverifikasi (verified). Selain itu, Facebook juga memperkenalkan beberapa fitur baru yang dapat digunakan untuk menemukan, berbagi, serta berinteraksi dengan layanan Live.

Salah satu fitur yang diperkenalkan adalah fitur Live untuk Groups dan Events. Fitur ini mempermudah pengguna berbagi video langsung dengan orang-orang tertentu. Tak hanya itu, pengguna juga dapat menyiarkan video pada Groups atau Events yang spesifik.

facebook new menu skitch

Fitur lain yang juga diperkenalkan adalah Live Reactions, Reply Comments, serta Live Filters & Doodling. Ketiga fitur itu merupakan bentuk interaktif langsung antara pengguna Live dengan orang yang menonton video broadcast tersebut.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini