Sukses

Ini Kata-kata Pertama yang Diunggah di Wikipedia

Melalui dua kata pertama yang diketikkan pendirinya, Jimmy Wales, Wikipedia hadir menjadi ensiklopedia paling luas di internat.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Wikipedia Jimmy Wales tidak dapat mengingat apa artikel pertama yang tayang di ensiklopedia daring (dalam jaringan/online) tersebut.

Meski begitu, mengutip laman Business Insider, Selasa (15/3/2016), Wales tetap ingat apa kata-kata yang apa yang pertama muncul di Wikipedia.

"Sebagai seorang programer, saya menuliskan kata 'Hello World' dan itu merupakan kata-kata pertama dari Wikipedia," ujarWales.

Kata 'Hello World' sendiri memang seringkali digunakan oleh seorang programer ketika mencoba perangkat lunak (software) yang baru dibuatnya. Selain itu, kata-kata tersebut menjadi sebuah lelucon bagi dunia teknologi saat mencoba menguji sistem baru.

Dengan kata 'Hello World' yang berhasil diunggahnya ke Wikipedia, James kemudian beralih dari proyek originalnya, Nupedia, ke Wikipedia.

Nupedia sendiri, kata Wales, memiliki tujuh langkah persetujuan sebelum artikel bisa ditayangkan. Selain itu saat itu, Nupedia dianggap sebagai penemuan yang lebih baik dari ensiklopedia. Namun, ternyata salah satu artikel pertamanya adalah hasil plagiarisme.

Wales kemudian berpindah ke sistem editorial wiki dan jumlah artikelnya melonjak sangat tinggi. "Kami memiliki lebih banyak pekerjaan di Wikipedia dibandingkan dengan apa yang telah kami lakukan dua tahun sebelumnya," ujarnya.

Pelonjakan jumlah artikel itu terjadi saat Wales dan kawan-kawannya berpindah ke sistem wiki, yakni ketika siapa pun dapat mengubah artikel, tepat setelah Wales menuliskan 'Hello World' yang akhirnya mengubah sejarah Wikipedia.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini