Sukses

Tombol Reactions Facebook Resmi Hadir di Indonesia

Tombol Reactions berupa emoji resmi hadir di Indonesia setelah diperkenalkan secara global awal minggu ini.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya, pengguna Facebook dapat menyampaikan respons pada unggahan temannya tidak hanya dengan tanda 'Like'. Ya, tombol Reactions berupa emoji resmi hadir di Indonesia setelah diperkenalkan secara global awal minggu ini.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Jumat (26/2/2016), tombol Reactions yang salah satunya berupa emoji Like sudah bisa digunakan oleh pengguna Facebook di Indonesia sejak pagi ini.

Sebelumnya, pada versi beta Reactions memiliki 8 emoji. Sementara pada versi finalnya terdiri dari 6 emoji berupa Like, Love, Haha, Wow, Sad, dan Angry. Dengan demikian, emoji 'Yay' dan 'Confuse' dihilangkan di versi final.

Alasan Facebook memangkas dua emoji tersebut adalah ketika dilakukan percobaan di Spanyol dan Irlandia, pengguna terlihat tidak antusias menggunakan kedua emoji tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini terbilang sangat mudah. Pada versi Facebook mobile atau aplikasi, pengguna cukup menahan tombol Like hingga muncul berbagai pilihan Reactions. Sedangkan di versi desktop, pengguna cukup arahkan kursor di atas tombol Like hingga muncul berbagai pilihan Reactions.

Facebook menganggap kehadiran berbagai emoji baru pada Reactions sudah cukup populer bagi pengguna di Spanyol dan Irlandia. Selain itu, Facebook menyebutkan bahwa Reactions sudah hadir pada perangkat iOS, Android, dan juga web.

Perjalanan panjang mengenai kehadiran Reactions bermula ketika CEO Facebook Mark Zuckerberg berbicara kepada tim News Feed bahwa sudah waktunya Like ditambah dengan sesuatu yang lebih menyenangkan.

"Semua orang pasti punya satu dua unggahan yang disukainya pada News Feed. Begitu pula dengan saya yang menganggap bahwa Like tidak lagi dapat mewakili seluruh suasana hati," kata Director of Engineering News Feed Facebook Tom Alison.

Mark Zuckerberg sendiri melalui akun Facebook-nya memperkenalkan kehadiran Reactions di seluruh dunia.

"Hari ini kami meluncurkan Reactions, tombol Like dengan lebih banyak emoji untuk mengekspresikan suasana hati Anda..."

 

Today is our worldwide launch of Reactions -- the new Like button with more ways to express yourself. Not every moment...

Posted by Mark Zuckerberg on Wednesday, February 24, 2016


(Isk/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini