Sukses

Seperti Apa Wajah Facebook 12 Tahun yang Lalu?

Bagaimana ya tampilan Facebook saat 12 tahun yang lalu? Apakah sama dengan tampilan yang sekarang?

Liputan6.com, California - Tak terasa, Facebook telah menginjak usianya yang ke-4 pada Kamis, 4 Februari 2016.

Jika Anda telah menonton film yang berjudul “The Social Network”, mungkin Anda tahu bagaimana sepak terjang di balik sosok penggagas raksasa jejaring sosial ini, Mark Zuckerberg.

Ya, Zuck--begitu akrab disapa--menggagas konsep awal Facebook ketika ia masih mengemban studi di Harvard. Saat itu, Facebook hanya diciptakan untuk wadah komunitas mahasiswa di universitas ternama tersebut.

Nah, bagaimana ya tampilan Facebook saat 12 tahun yang lalu? Apakah sama dengan tampilan yang sekarang?

Mengutip informasi dari laman Mirror, Kamis (4/2/2016), tampilan Facebook jauh berbeda ketika pertama kali didirikan pada 2004. Hanya saja, padanan warnanya tetap sama, yakni khas dengan warna biru.

Facebook pada saat itu tampil dengan laman terkustomisasi, seperti MySpace dan Friendster (yang pada saat itu tengah populer). Hanya saja, nama Facebook tidak terpampang di atas halaman muka. Malah nama “The Facebook” muncul dengan ilustrasi wajah seorang pria.

Hanya dalam waktu 24 jam, The Facebook sudah ‘live’ dan digunakan lebih dari 1.200 mahasiswa Harvard. Bahkan, Zuck berhasil memperluas jaringan ke beberapa universitas lain, seperti Boston, The Ivy League dan pada akhirnya semua universitas di Amerika Serikat mampu menikmati jejaring sosial tersebut.

Facebook profile from 2005

The Facebook pada saat itu memang masih minim fitur. Belum ada tombol ‘like’, apalagi fitur Messenger. Yang menarik untuk digunakan kala itu hanyalah fitur poke dan throwing sheep.

Zuck mengatakan, saat itu pengguna tidak perlu e-mail universitas untuk bisa sign up ke Facebook.

“Meski diciptakan untuk komunitas mahasiswa pada awalnya, bukan berarti kalangan selain mahasiswa tidak bisa mendaftar,” kata Zuck.

Seiring waktu berjalan, Facebook akhirnya menjadi sorotan dunia. Jejaring sosial tersebut telah berevolusi menjadi raksasa jejaring sosial yang sukses menggandeng lebih dari 1 miliar pengguna.

Facebook profile from 2006

Tak hanya itu, demi menekankan komitmennya di dunia teknologi, Facebook juga telah mengakuisisi beberapa jejaring sosial populer, seperti Instagram dan WhatsApp.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini