Sukses

Jelang Natal-Tahun Baru, Operator Seluler Tingkatkan Kapasitas

Indosat Ooredoo dan XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringannya untuk mengantisipasi lonjakan trafik jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru

Liputan6.com, Jakarta - Dua operator seluler, yakni Indosat Ooredoo dan XL Axiata, meningkatkan kapasitas jaringannya menjelang Hari Raya Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 ini. Peningkatan kapasitas ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik seluler dan data. 

Dalam keterangan rilis kepada tim Tekno Liputan6.com, Selasa (22/12/2015), Heri Purnomo, Group Head CTO Office Indosat Ooredoo, mengatakan pihaknya telah menaikkan seluruh kapasitas layanannya, baik suara, SMS, dan data. 

Rinciannya, kapasitas suara ditingkatkan menjadi 2.340 juta menit/hari (39 juta Erlang/hari), layanan SMS menjadi 1,285 miliar SMS/hari, dan layanan data menjadi 3.463 Terabyte/hari.

"Masih dalam rangkaian transformasi perusahaan, kami akan terus menyediakan jaringan data yang kuat kepada pelanggan dan mengantisipasi segala kemungkinan kenaikan trafik seluler. Hal ini juga didukung oleh ketersediaan jaringan 4G di berbagai kota. Kami siap memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan," katanya. 

Menurutnya, kenaikan kapasitas ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan trafik secara nasional dengan melayani 69 juta pelanggan Indosat Ooredoo.

Untuk memastikan jaringan Indosat Ooredoo tetap prima, perusahaan juga melakukan monitoring secara intensif melalui i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center).

i-NOC adalah fasilitas monitoring & pengendalian jaringan infrastruktur Indosat baik untuk layanan seluler (mobile) maupun layanan Enterprise Corporate, Indosat Ooredoo Business.

Selain itu, i-NOC juga dapat meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan, dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

XL Axiata

Sementara itu, Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan bahwa jaringannya siap setiap saat apabila terjadi lonjakan kapan pun. Terutama saat menghadapi hari-hari besar dan liburan panjang.

"Meski begitu, kami tetap memastikan aspek network benar-benar siap. Prediksi kami, trafik penggunaan data akan meningkat cukup signifikan dibandingkan voice dan SMS," jelasnya.

Selama Hari Raya Natal dan Tahun Baru, XL memprediksi kenaikan trafik akan terjadi pada semua layanan, baik suara, SMS, dan data. dibandingkan trafik di hari normal. Untuk layanan data, kenaikannya diestimasi naik 15-20 persen, voice 5 persen, dan SMS naik 10 persen.

Adapun persiapan XL antara lain penambahan kapasitas jaringan dan juga stasiun pemancar (BTS), kapasitas, dan optimisasi di beberapa area yang bakal mengalami lonjakan trafik.

Optimisasi jaringan dan penambahan BTS sendiri dilakukan di area yang menjadi pusat keramaian selama libut Natal dan Tahun Baru. Di Jabodetabek, optimisasi dilakukan di Monas, Bundaran Hotel Indonesia, Ancol, Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, dan kawasan Puncak.

Kemudian, Bandung di Alun-alun, Dago, dan Gasibu; Yogyakarta di Alun-alun, sepanjang Malioboro, dan Pantai Parang Tritis; Surabaya di Kebun Binatang Surabaya, Jembatan Suramadu, Pantai Ria Kenjeran, Taman Bungkul, Tugu Pahlawan, Taman Remaja, Ciputra Water Park, House of Sampoerna, serta Monumen Kapal Selam.

Bali di area Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Renon, Sanur, Tanjung Benoa, dan Ubud; wilayah lainnya antara lain Bandara Hasanuddin Makasar, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Pattimura Ambon.

(Cas/Isk) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.