Sukses

Google Gandeng Ford Bikin Mobil Otonomos

Kemitraan ini dijadwalkan akan diumumkan pada gelaran Consumer Electronics Show yang berlangsung di Las Vegas bulan depan.

Liputan6.com, Jakarta - Google dan Ford sedang membentuk hubungan kemitraan untuk membangun mobil self-driving (mobil otonomos). Demikian dikabarkan Yahoo Autos, sebagaimana dikutip dari Business Insider, Rabu (23/12/2015).

Kemitraan ini dijadwalkan akan diumumkan pada gelaran Consumer Electronics Show (CES) yang berlangsung di Las Vegas bulan depan, menurut laporan tersebut, yang mengutip berbagai sumber anonim.

Perusahaan patungan (joint venture) tersebut akan menciptakan sebuah perusahaan yang membangun mobil otonomos menggunakan teknologi Google. Perusahaan ini secara hukum akan terpisah dari Ford.

Google saat ini sedang menguji puluhan mobil otonomos berbentuk pod di jalan-jalan umum di Mountain View, California serta di Austin. Raksasa teknologi itu mulai berkutat dengan mobil otonomos sejak beberapa tahun lalu.

Adapun Ford, bersama dengan banyak pabrikan mobil ternama lainnya, seperti Volvo dan Nissan, juga bekerja pada teknologi mobil otonomos, seperti yang digarap oleh Uber dan Tesla.

Selain itu, Google baru-baru ini menyewa seorang veteran Ford untuk mengepalai kelompok mobil otonomosnya dan Alan Mulally, mantan CEO Ford, bergabung dengan dewan direksi Google pada 2014.

Para ahli mengatakan, akan perlu waktu bertahun-tahun sebelum mobil otonomos benar-benar tersedia sepenuhnya untuk masyarakat umum, sehubungan dengan berbagai hal, termasuk peraturan dan masalah hukum yang belum terselesaikan.



(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.