Sukses

YouTube Music Permudah Pengguna Jelajahi Video Musik

Liputan6.com, Jakarta - Setelah memperkenalkan layanan video berbayar yang disebut Red, YouTube kembali merilis layanan baru bagi penggunanya. Layanan yang diberi nama YouTube Music ini dihadirkan untuk memudahkan pengguna menjelajah berbagai video musik yang ada di YouTube.

"Dengan YouTube Music, pengguna akan mendapatkan pengalaman yang sepenuhnya baru. Terlebih aplikasi ini didesain untuk menjelajah musik di YouTube dengan lebih mudah," ungkap T. Jay Fowler, Director and Product Management YouTube lewat laman blog YouTube.

YouTube Music merupakan aplikasi yang terpisah dari YouTube. Lewat aplikasi ini nantinya pengguna dapat melihat trek lagu berdasarkan selera pengguna. Nantinya pengguna juga dapat membuat stasiun pribadi yang sesuai keinginannya.

Selain itu, pengguna juga dapat mendapatkan akses yang lebih besar dari katalog musik yang ada di YouTube. Pengguna dapat dengan cepat menemukan video musik dari beberapa artis termasuk rekaman konser, cover lagu, dan video lainnya yang sudah ditonton lewat YouTube.

Mengutip informasi dari laman Ubergizmo, Minggu (15/11/2015), selain fitur-fitur gratis tersebut, pengguna juga dapat mendapatkan pengalaman lebih kaya dengan berlangganan YouTube Red, salah satunya adalah tayangan yang bebas iklan.

Selain tayangan bebas iklan, pendaftar layanan YouTube Red juga dapat mendengarkan musik secara offline. Sekaligus memilih mendengarkan musik dalam mode video atau hanya audio saja.

Fitur lain yang juga didapatkan adalah nantinya pengguna masih dapat mendengarkan suara dari video yang diputar meskipun tidak sedang membuka aplikasi lain ataupun kondisi layar yang mati. Sebab, selama ini video yang diputar akan otomatis berhenti ketika pengguna berpindah ke aplikasi lain ataupun layar yang dimatikan. Sehingga, dengan kemampuan ini pengguna dapat dengan mudah mendengarkan video sambil melakukan aktifitas lain.

Pengguna yang tertarik menggunakan layanan ini dapat langsung mengunduhnya di Google Play Store dan App Store. Sebagai awalnya, YouTube memberikan biaya langganan gratis bagi pengguna yang ingin merasakan pengalaman lebih dengan dukungan layanan Red selama 14 hari.

Namun, sayangnya aplikasi ini hanya baru bisa dinikmati di wilayah Amerika Serikat dan belum dapat dipastikan apakah aplikasi ini akan hadir di wilayah lain.

(dam/dew)