Sukses

Indahnya Penampakan `Bulan Sabit` Pluto

Liputan6.com, Jakarta - Meski New Horizons telah selesai meninggalkan orbit Pluto pada beberapa bulan lalu, NASA tetap mengusut beberapa gambar yang sempat diambil oleh pesawat luar angkasa (spacecraft) miliknya tersebut.

Terkini, Badan Antariksa Amerika Serikat itu kembali merilis foto terbaru Pluto. Foto yang diambil dari jarak 11.000 mil tersebut kali ini tidak memperlihatkan sisi permukaan Planet Kerdil secara keseluruhan, namun memperlihatkan citra Pluto yang begitu gelap dari sisi backlight, seolah-olah memperlihatkan pola sabit seperti Bulan.

Sebagaimana dilansir laman Tech Radar pada Minggu (1/11/2015), NASA menjelaskan bahwa foto tersebut diambil sekitar 15 menit setelah New Horizons berada di orbit lintasan terdekat Pluto pada 14 Juli lalu.

Diungkap, New Horizons mengambil foto tersebut ketika Pluto berada di posisi ke arah Matahari. Jika ditelisik, foto ini sebetulnya merupakan satu dari serangkaian gambar yang dirilis NASA pada September 2015 lalu, yang mana memperlihatkan lapisan atmosfer Pluto, menonjolkan lebih dari lusinan lapisan kabut dataran tinggi di atmosfer tipis si Planet Kerdil.

Dijelaskan para ilmuwan NASA, pola sabit yang lebih terang di foto tersebut merupakan dataran beku Sputnik Planun akibat sinar Matahari yang menerangi wilayah itu.

Selain itu, di foto tersebut tampak pula penampakan dataran Pluto yang dinilai `kasar`, termasuk beberapa wilayah pegunungan dengan tinggi 11.000 kaki. 

(jek/dew)

Loading