Sukses

5 Wearable Device Futuristik Pendukung Hidup Sehat

Perangkat-perangkat ini siap langsung dipakai untuk mendukung dan memantau gaya hidup sehat dari penggunanya.

Liputan6.com, Jakarta - Hidup sehat merupakan dambaan semua orang. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat mulai dari menjaga pola makan hingga melakukan aktivitas olahraga.

Sebelum teknologi berkembang seperti sekarang ini, banyak orang sulit untuk mengetahui kondisi langsung badannya sehingga tak banyak yang mampu memantau langsung hasil latihan yang dilakukannya.

Namun, dengan perkembangan teknologi khususnya wearable device yang mendukung kegiatan olahraga, pengguna dapat memperoleh informasi sehingga dapat mendorong mereka untuk terus mendapatkan target latihan sesuai harapan.

Berikut kami sertakan 5 (lima) wearable device berkonsep futuristik yang dapat digunakan untuk mendukung gaya hidup sehat pengguna, seperti dikutip dari laman Engadget, Minggu (11/10/2015)

Spree Smart Headband

Ketika wearable device yang biasa digunakan untuk melacak sensor-sensor vital seperti denyut jantung dipakai di pergelangan tangan, Spree Smart Headband ini hadir sebagai sebuah headband yang dipakai di kepala.

Perangkat ini dapat mengukur tiga sensor vital sekaligus, mulai dari gerakan, denyut jantung, dan bahkan suhu tubuh. Semua data yang dikumpulkan bisa dibilang cukup akurat karena didukung data pengguna seperti umur, jenis kelamin, berat, dan tinggi badan. Nantinya semua data tersebut dapat dikirimkan ke aplikasi yang sudah ada di smartphone pengguna.

Gelang Hand Tree

Kualitas udara yang semakin buruk, membuat manusia kian sulit untuk mendapatkan udara bersih yang berkualitas baik. Kondisi itulah yang mendorong Alexandr Kostin untuk mengembangkan gelang yang dapat mengeluarkan udara bersih.

Gelang yang diberi nama Hand Tree ini dapat menyaring asap, polusi, debu, dan gas lain yang berbahaya untuk kemudian dikeluarkan menjadi udara bersih. Gelang yang dibuat dari bahan bioplastik ini memiliki dua mode.

Mode pertama, gelang ini dapat bekerja untuk membersihkan udara di sekitar penggunanya ketika ada gas polutan yang terdeteksi. Sedangkan mode kedua berfungsi untuk membersihkan udara secara umum guna mengurangi polusi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Helm Sepeda ICEdot

Bagi Anda penggemar olahraga sepeda, perangkat ini sangat membantu. Dilengkapi dengan sensor In Case of Emergency (ICE), helm itu dapat segera mengeluarkan sinyal bahaya ketika ada keadaan darurat.

Sensor tersebut dapat bekerja dan dihubungkan dengan aplikasi yang ada di smartphone penggunanya. Ketika sensor menangkap adanya gerakan yang tidak normal, maka sensor akan mengirimkan data ke aplikasi untuk kemudian dilakukan hitung mundur darurat.

Setelah hitung mundur darurat selesai, maka aplikasi akan langsung menghubungi kontak yang dapat dihubungi ketika keadaan darurat serta mengirimkan lokasi kejadian berdasarkan kordinat GPS.

Gelang Pavlok

Jika kebanyakan gelang kebugaran hanya mampu mengukur jumlah langkah dan aktivitas pengguna, Pavlok hadir dengan fitur tambahan sebagai motivator untuk meningkatkan latihan.

Fitur tambahan tersebut adalah listrik kejut yang dapat mengingatkan pengguna mencapai target. Maksudnya dengan kejutan listrik yang diberikan, pengguna gelang ini dapat terus meningkatkan disiplin latihan untuk mencapai target yang sudah ditetapkan sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

OMSignal Biometric Smartwear

Jika wearable device sebelumnya hanya digunakan pada salah satu bagian tubuh saja, maka wearable device ini dapat dipakai sebagai pakaian ketika latihan. Sebab, kaos ini telah dilengkapi sensor untuk memonitor denyut jantung, pernapasan, dan jumlah langkah yang telah dilakukan.

Ketika penggunanya sedang tidak melakukan latihan maka kaos ini dapat digunakan untuk memonitor kesehatan, tinggi, aktivitas, bahkan memberitahu waktu yang tepat bagi penggunanya untuk istirahat. Semua data tersebut akan dikirimkan ke aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya di smartphone pengguna.

Kaos ini juga dapat memberitahu pengguna ketika ada potensi medis yang berbahaya. Bahkan, kaos ini bisa membantu perempuan yang sedang hamil untuk mengetahui kondisi bayi yang ada dalam kandungannya.

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini