Sukses

Gamepedia: Review Resident Evil Revelations 2 - Episode 2

Episode kedua Resident Evil Revelations 2 hadir dengan judul `Contemplation` selang sekitar seminggu setelah Episode 1 dirilis.

Liputan6.com, Jakarta - Episode kedua Resident Evil Revelations 2 hadir dengan judul `Contemplation` selang sekitar seminggu setelah Episode 1 dirilis pada awal Maret 2015.

Di episode kedua kali ini, Claire, Moira, Barry serta Natalia harus kembali melanjutkan perjalanan mereka menelusuri misteri yang terjadi di sebuah pulau terpencil. Kali ini, Tim Tekno Liputan6.com memiliki kesempatan untuk kembali memainkan Episode 2 dari seri Resident Evil Revelations 2 ini.

Jika Anda memainkan Episode 1: Penal Colony, mungkin Anda akan sangat menyukai Episode 2: Contemplation kali ini. Pasalnya, Episode 1 diibaratkan sebagai episode perkenalan yang mampu `menenggelamkan` Anda ke dalam storyline dan gameplay dari Resident Evil Revelations 2.

Di sisi lain, Episode 2 bisa dibilang sebagai jawaban dari ending cliffhanger yang diperlihatkan di Episode 1. Bagaimanapun, game ini nampaknya berusaha untuk menjelaskan kisah yang dialami oleh masing-masing para karakter.

Simak ulasan seperti apa Episode 2: Contemplation dari Resident Evil Revelations 2 dibawah ini.

Musuh lebih menyeramkan dan ganas

Episode 2 dimulai dengan Claire dan Moira yang bertemu dengan teman-teman Terra Save lainnya dan harus menjelajahi desa nelayan di pulau terpencil. Pada saat Claire dan Moira berlindung di sebuah rumah kabin, salah seorang teman mereka berubah menjadi zombie dengan membawa sebuah chainsaw (gergaji mesin) dan mengejar Claire dan Moira.

Hadirnya sang zombie dengan chainsaw di sini sepertinya merupakan referensi khusus ke salah satu musuh kawakan yang hadir di Resident Evil 4, Dr. Salvador, dimana ia juga hadir membunuh mangsanya dengan sebuah chainsaw di seri game tersebut.

Di desa ini juga terlihat beberapa musuh berupa zombie raksasa yang juga hadir di Episode 1, serta pasukan zombie ganas yang mampu mengepung lokasi, dimana Claire dan Moira bersembunyi. Adegan ini tentunya juga mengingatkan Anda akan beberapa adegan game klasik Resident Evil, yang mana beberapa zombie mengepung tempat si karakter berlindung.

Selain zombie, muncul juga musuh `langganan` Resident Evil, zombie anjing yang kadang menjengkelkan karena ia akan mengagetkan Anda di beberapa tempat sepanjang perjalanan.

Tak hanya itu, ketika Anda mendapatkan giliran untuk memainkan Barry dan Natalia, Anda akan menemukan `Invisible Monsters` (begitu nama musuh yang disebut Barry) yang tampil secara tembus pandang.

Barry harus berhati-hati jika bertemu dengan makhluk ini, namun Anda bisa memanfaatkan Natalia dengan kemampuan melihat musuhnya untuk menyadari aura makhluk tersebut ketika menunjukkan warna berbeda dan memberitahu Barry untuk menembaknya.

Karakter pendukung jadi sorotan

Moira dan Natalia menjadi bintang di seri kali ini. Jika Anda merasa para karakter pendukung ini belum `tampil` secara total di Episode 1, mereka justru lebih berperan di Episode 2.

Natalia memegang peran yang sangat vital ketika bersama Barry. Ia mampu menggunakan kemampuan khususnya untuk melihat monster tembus pandang, dimana Barry tidak bisa melihat keberadaan para monster tersebut.

Moira pun menjadi sangat penting di Episode 2, meskipun ia tidak terlalu memanfaatkan senternya di Episode kali ini, Claire mampu bekerja sama dengan Moira untuk membuatnya menjadi umpan para musuh agar membuat Claire dapat membidik sasaran dengan empuk.

Mekanisme cara melawan musuh yang dimiliki Moira pun juga sangat berfungsi di co-op mode.

Fitur improvement karakter

Sistem BP di Resident Evil Revelations 2 menjadi salah satu fitur unggulan yang dapat membuat para pemain melakukan improvement karakter dari segi performance dan skill di masing-masing karakter.

Anda bisa meningkatkan jarak pandang Natalia yang bisa melihat musuh dari balik dinding ataupun mempersingkat waktu ketika menggunakan green herb untuk menyembuhkan diri dari luka. Sistem ini juga hampir sama dengan perkembangan karakter di Raid Mode.

Raid Mode juga menjadi salah satu elemen game Resident Evil Revelations 2 yang menarik. Daily challenge yang dihadirkan semakin sulit ketika karakter Anda telah level up, dan misi-misi pendek yang dihadirkan sebetulnya bisa diselesaikan dengan mudah untuk bisa membuat karakter Anda memiliki proses yang lebih signifikan.

Skor: 8/10

Secara keseluruhan, Episode 2 dari game ini mampu mengungkap storyline yang lebih dalam dan seru. Gameplay dari seri kali ini tidak radikal dan tetap berusaha untuk menyamai Episode 1.

Bahkan beberapa elemen baru seperti musuh, ambience (suasana) yang hadir diperkuat untuk lebih menampilkan suasana survival horror yang lebih kental. Supplies persenjataan dan item bahkan lebih sulit ditemui di episode ini. Meskipun demikian, tampilan visual game ini masih harus lebih ditingkatkan oleh Capcom.

Episode 2 mampu menempatkan para pemainnya di bawah tekanan yang berat berkat beberapa adegan yang mengharuskan mereka menghindari kejaran para zombie ganas ataupun menerka-nerka musuh tembus pandang yang mengintai mereka.

Hal ini yang menjadi benang merah kekuatan seri ini. Semoga saja Episode 3 mampu menghadirkan gameplay yang lebih tense dan lebih mencekam dari seri kali ini.

(jek/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini