Sukses

Ups, Obama Pernah Pakai Password yang Mudah Ditebak!

Presiden AS, Barack Obama, ternyata pernah menggunakan password lemah atau yang mudah ditebak.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Password adalah salah satu aspek terpenting dalam dunia digital. Namun sayangnya tak semua orang menggunakan password yang ideal, bahkan hal ini juga pernah terjadi pada Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama.

Obama dalam acara White House Summit on Cybersecurity di Stanford University, berbicara mengenai keamanan komputer. Obama mengatakan bahwa dia pernah menggunakan password yang sangat mudah ditebak.

"Sangat mudah bagi hacker untuk mencari tahu username dan password seperti 'password' atau '123457'. Dan itu adalah beberapa passwword saya sebelumnya," kata Obama seperti dilansir Business Insider, Minggu (15/2/2015).

Beruntung saat ini banyak perusahaan menggunakan metode-metode baru, dengan teknologi lebih baik untuk mengenali identitas pengguna sehingga tidak hanya bergantung pada password.

"Banyak perusahaan beralih ke teknologi baru yang lebih baik untuk mengenali identitas pengguna, seperti biometrik," sambungnya.

Obama sendiri telah menandatangani sebuah perintah eksekutif yang mendorong perusahaan dan pemerintah serta sektor swasta dan pemerintah, untuk saling berbagi informasi mengenai ancaman keamanan dunia maya.

Adapun sebelumnya, dalam laporan perusahaan manajeman password, SplashData, 'password' adalah salah satu password terburuk pada tahun lalu. 'Password' berada di urutan kedua, sedangkan posisi pertama password terburuk ditempati '123456'.

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini