Sukses

Pelanggan XL Bisa Cicipi Koneksi 4G LTE di 5 Lokasi Ini

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL) menggelar uji coba jaringan mobile generasi ke empat alias 4G LTE (Long Term Evolution) di sejumlah lokasi di wilayah Jakarta. Layanan terbaru real mobile 4G-LTE ini diklaim bisa menyuguhkan layanan internet kecepatan tinggi hingga 100 Mbps.

Untuk uji coba ini, XL bekerjasama dengan penyedia teknologi jaringan yaitu Huawei dan Ericsson. Untuk tahap awal, layanan 4G LTE baru bisa dinikmati di sejumlah lokasi yaitu satu lokasi secara full building atau seluruh area di gedung pusat perbelanjaan Kota Kasablanca dan Central Park. Empat lokasi lain yaitu Euphoria Lounge Menara Prima, XL Xplor Senayan City, XL Xplor Central Park, dan Graha XL.

Pemilihan lokasi didasarkan pada beberapa pertimbangan, yang di antaranya potensi permintaan pelanggan, ketersediaan alokasi frekuensi, dan besaran nilai investasinya. Nilai investasi untuk trial ini merupakan bagian dari keseluruhan nilai investasi XL di tahun ini yang mencapai sekira Rp 7 triliun.

Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, menegaskan bahwa layanan terbaru ini baru trial, belum komersial. "Kami sekarang launching promo, memang belum komersial. 4G LTE ini telah diuji secara teknis karena itu kini kita luncurkan trial untuk mengetahui bagaimana pengalaman pengguna," kata Hasnul di Kota Kasablanca, Selasa (28/10/2014).

Lebih lanjut, diungkapkannya, tujuan lain dari uji coba ini adalah untuk membantu National Broadband yang dalam lima tahun ke depan diharapkan bisa menyaingi negara-negara dunia. Menurut catatan Hasnul, saat ini 260 operator di dunia sudah meluncurkan 4G. Di Asia Tenggara di antaranya sudah ada di Singapura, Malaysia, dan Kamboja.

"Kini sudah saatnya Indonesia ada di dalamnya, meski sekarang belum real (komersial). Untuk trial ini rencananya tiga bulan, setelah itu akan kita evaluasi hasilnya," sambungnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sejatinya memberikan izin uji coba kepada XL hingga akhir tahun ini. Namun pemberian izin diperpanjang hingga Maret 2015.

Menteri Kominfo, Rudiantara, menyambut baik acara-acara yang mendorong kemajuan industri telekomunikasi. Namun dia mengingatkan harus ada koordinasi antara operator dan regulator.

"Pemerintah, khususnya Kemkominfo sangat mendukung acara-acara seperti uji coba teknologi terbaru ini. Tapi jangan jalan sendiri, tetap harus ada koordinasi dengan regulator terkait regulasinya," tutur Rudiantara.

Suksesor Tifatul Sembiring ini juga mengingatkan XL agar memenuhi janjinya yaitu layanan kecepatan internet hingga 100 Mbps dengan 4G-LTE. "Saya tagih janjinya itu dan semoga berhasil," ungkapnya.

Adapun uji coba layanan 4G-LTE ini bisa dicicipi pelanggan yang telah memiliki perangkat 4G, dengan menggunakan kartu SIM khusus 4G yang diberikan secara gratis oleh XL di sejumlah lokasi tertentu.

Rina Nose dan Tunangan Mulai Unjuk Kemesraan di Medsos

Tutup Video
Loading