Sukses

Mengenal Ello, Jejaring Sosial Anti-Facebook

Liputan6.com, Jakarta Mulai saat ini kita mungkin akan sering mendengar nama Ello, sebuah jejaring sosial baru yang dikenal dengan reputasi sebagai anti-Facebook. Lalu seperti apakah jejaring sosial yang tengah menjadi perbincangan di jagad maya ini?

Dilansir Mashable, Ello adalah jejaring sosial independen tanpa iklan dan invite-only. Artinya, pengguna baru bisa mengaksesnya jika sudah mendapat persetujuan dari Ello.

Sebagai perbandingan, Facebook saat ini kian dibanjiri oleh iklan dan siapa saja bisa langsung menjadi pengguna. Kendati dikenal sebagai anti-Facebook, menurut laporan Mashable, sejumlah pengguna justru mengungkapkan bahwa mereka telah bisa mengakses Ello di Facebook.

Sejauh ini belum diketahui penyebab popularitas Ello yang tiba-tiba melonjak. Namun berdasarkan sejumlah laporan hal ini berkaitan dengan kebijakan penggunaan nama asli di Facebook.

Kebijakan Facebook mewajibkan pengguna menggunakan nama asli, yang akhirnya membuahkan protes dari sejumlah kalangan termasuk aktivis lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT). Mereka mengeluhkan tidak bisa mengakses akunnya karena tidak menggunakan nama asli.

Hingga akhirnya, sejumlah komunitas LGBT dilaporkan beralih ke Ello dan mereka dapat menggunakan nama sesuai dengan keinginan.

"Kami yakin jejaring sosial bisa menjadi alat untuk pemberdayaan. Bukannya alat untuk menipu, memaksa, dan memanipulasi, melainkan tempat untuk menghubungkan, menciptakan, dan merayakan kehidupan. Anda bukanlah produk," tulis Ello yang diluncurkan pada Maret tahun ini.

Website Ello sendiri seperti gabungan Twitter dan Tumblr, tapi baru memilliki beberapa fitur. Pengguna dapat memposting status, foto, GIF, dan komentar di postingan teman mereka. Juga ada tool pencarian.

Para pencipta Ello memiliki serangkaian fitur baru, termasuk aplikasi mobile dan pengaturan privasi, yang saat ini sedang disiapkan. Tapi peluncurannya belum diketahui.

Ello yang kini masih dalam versi beta, menerima 4 hingga lebih dari 30 ribu permintaan undangan setiap jam. Tapi jumlah ini belum dikonfirmasi.

Loading