Sukses

iPhone jadi Lemot? Begini Cara Downgrade iOS 8 ke iOS 7.1.2

Jika Anda sudah terlanjur menginstal iOS 8 dan kinerja ponsel Anda jadi lemot, berikut cara men-downgrade ke iOS 7.1.2.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna iDevice di seluruh dunia banyak yang sudah memperbarui sistem operasinya ke iOS 8. Namun menurut laporan yang beredar, banyak pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch, yang mengeluhkan kinerja iOS 8.

Jika Anda sudah terlanjur menginstal iOS 8, berikut cara downgrade iOS 8 ke iOS 7.1.2. Tapi sebelum melakukan proses downgrade iOS 8 ke iOS 7.1.2, perhatikanlah beberapa hal berikut:

- Tutorial di ini hanya men-downgrade iOS 8 ke iOS 7.1.2, bukan iOS 7 atau iOS 6.
- Backup data penting Anda yang ada di perangkat melalui iCloud atau iTunes sebelum Anda melakukan downgrade.
- Saat men-downgrade iOS 8 ke iOS 7.1.2, Anda hanya memiliki akses restore backup-an data ke iOS 7, bukan backup-an data pada iOS 8.
- Proses downgrade ini tidak disarankan oleh Apple sehingga dapat menghilangkan garansi produk. Jadi, semua risiko ditanggung oleh pengguna. 

Selanjutnya - Langkah downgrade praktis>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara download praktis

Hal pertama yang harus dilakukan adalah hubungkan perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch yang berjalan di atas iOS 8 ke komputer, kemudian buka iTunes dan pilih menu `iOS Device`, yang dapat Anda temukan di sebelah kiri tombol iTunes Store atau di sudut kanan atas.

Setelah itu tekan tombol `Alt` atau `Option` di komputer Mac atau tombol `Shift` di komputer Windows, lalu pilih `Restore` iphone/iPad/iPod Touch di iTunes.

Cara lainnya, Anda juga bisa menggunakan opsi `Check for Update` untuk me-restore perangkat secara langsung. Namun cara restore pertama adalah pilihan yang disarankan untuk menghindari hilangnya data.


Selanjutnya Anda akan diminta untuk menonaktifkan fitur Find My iPhone, sebelum me-restore perangkat. Pilih custom firmware atau file IPSW yang sudah Anda download sebelumnya.

Kemudian, iTunes akan menghapus dan me-restore perangkat Anda ke iOS 7.1.2 dan memverifikasi berkas. Setelah selesai, perangkat akan restart dan akan muncul pesan `Slide to set up` di layar perangkat.

Berikutnya, ikuti langkah-langkah `iOS Setup Assistant` untuk menyelesaikan proses downgrade. Dan akhirnya, Anda dapat mengembalikan file yang telah di-backup sebelumnya.

Selanjutnya - Link download firmware>>>

3 dari 3 halaman

Link Download

Mengutip laman iPhone Hacks, Kamis (24/9/2014), berikut link download firmware yang diperlukan:

- File firmware iOS 7.1.2 untuk iPhone
- File firmware iOS 7.1.2 untuk iPad
- File firmware iOS 7.1.2 untuk iPod Touch

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini