Sukses

Final Piala Dunia 2014 Pecahkan Rekor Facebook

Momen final Piala Dunia 2014 meraih tingkat perbincangan paling tinggi di Facebook dibandingkan pertandingan Piala Dunia lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Laga bola akbar Piala Dunia 2014 sudah selesai digelar. Jerman berhasil meraih trofi Piala Dunia 2014 setelah sukses membobol gawang Argentina di babak final dengan skor tipis 1-0.

Momen final tersebut ternyata meraih tingkat perbincangan paling tinggi di Facebook dibandingkan pertandingan Piala Dunia lainnya, bahkan melampaui pertandingan antara Jerman dan Brasil.

"Secara global, 88 juta orang telah melakukan lebih dari 280 juta perbincangan di Facebook (posting, komen dan Likes) terkait pertandingan final Piala Dunia antara Jerman dan Argentina," papar Tim Data Facebook melalui keterangannya, Selasa (15/7/2014). 

Bahkan, menurut Facebook, pertandingan ini memecahkan rekor tingkat perbincangan tertinggi untuk satu ajang olahraga dalam sejarah, mengalahkan pertandingan Super Bowl XLVII pada 3 Februari 2013 yang meraih 245 juta interaksi.

Lalu siapa pemain bola yang paling banyak dibicarakan di Facebook saat pertandingan berlangsung? Dia adalah Mario Gotze (Jerman) dan Lionel Messi (Argentina). Saking banyaknya yang membicarakan, mereka terpilih menjadi `Facebook Men of the Match`.

Facebook juga mencatat beberapa momen sosial teratas yang paling banyak dibicarakan. Salah satunya saat Gotze mencetak gol dari umpan silang yang indah dari Schurrle dan memberikan keunggulan 1-0 untuk Jerman di akhir-akhir perpanjangan waktu (menit ke-113). Momen saat Lionel Messi dianugerahi penghargaan Golden Ball sebagai pemain terbaik di ajang Piala Dunia 2014 juga banyak dibicarakan.

Dilihat dari lokasi negara yang paling banyak membicarakan pertandingan Piala Dunia 2014, Tim Data Facebook mengurutkannya dalam daftar 5 besar, yakni Amerika Serikat, Brasil, Argentina, Jerman dan Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.