Sukses

Stop Merokok dengan Korek Api Pintar Ini

Quitbit bisa memberi peringatan terkait seberapa banyak Anda merokok dalam sehari.

Liputan6.com, Berbagai jenis perangkat pintar yang berhubungan dengan monitoring kesehatan tubuh pengguna kini mulai banyak bermunculan dan menjadi tren.

Setelah sejumlah produk gelang dan jam tangan pintar kesehatan hadir ke pasaran, kini giliran korek api pintar yang muncul ke permukaan. Selain bisa digunakan untuk menyalakan rokok, korek api inovatif ini juga bisa membantu penggunanya untuk mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan merokok.

Dilansir laman Beta Boston, korek api pintar bernama Quitbit ini dipromosikan via situs pengumpulan dana Kickstarter.com. Bila sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan, Quitbit akan dipasarkan pada akhir tahun 2014 mendatang.

Untuk cara kerjanya sendiri, Quibit terintegrasi dengan sebuah aplikasi mobile yang untuk sementara baru tersedia bagi platform iOS. Dengan bantuan aplikasi tersebut, Quitbit bisa memberi peringatan terkait seberapa banyak Anda merokok dalam sehari, kapan terakhir Anda merokok, serta seberapa banyak uang yang Anda habiskan untuk membeli rokok.



Dan tak ketinggalan, pencapaian usaha Anda dalam menghentikan kebiasaan merokok juga bisa dibagikan melalui beberapa media sosial populer sperti Facebook dan Twitter.

Ata Ghorfani selaku salah satu founder Quitbit menyatakan, "saya dan Kuji (salah seorang founder Quitbit lainnya) sebelumnya adalah seorang perokok. Saya sedang dalam proses berhenti merokok ketika ia menanyakan seberapa banyak saya merokok dalam sehari. Ketika itu saya berpikir bahwa tidak ada cara mudah untuk menghitung jumlah rokok yang telah kita hisap. Maka tercetuslah ide Quitbit."

Quibit ditenagai dengan listrik, tidak menggunakan gas seperti kebanyakan korek api biasa. Pengguna bisa mengisi ulang dayanya bila habis. Untuk sejumlah fungsi dasar seperti menghitung jumlah rokok yang sudah Anda hisap dalam sehari, Quitbit bisa beroperasi secara mandiri tanpa harus terintegrasi dengan smartphone.

Proyek Quitbit di Kickstarter.com mengincar pendanaan sebsar US$ 50 ribu, sejauh ini dana yang terkumpul baru US$ 18.438. Anda berminat?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.