Sukses

Hindari Hacker, Pengguna Twitter Diminta Ganti Password

Dalam rangka meningkatkan sistem keamanannya dari serangan hacker, Twitter menghimbau seluruh penggunanya untuk segera mengganti password.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka meningkatkan sistem keamanannya terhadap serangan hacker, Twitter menghimbau kepada seluruh penggunanya yang kini mencapai lebih dari 200 juta untuk segera mengganti password. Selain itu situs mikroblogging ini juga akan melakukan pemblokiran akses login yang mencurigakan.

Mengutip laman Ubergizmo, Selasa (13/5/2014), Twitter juga akan memberikan sebuah pertanyaan sederhana kepada pengguna sebelum mereka mengakses akun Twitter. Pengguna juga akan menerima email jika Twitter mendeteksi aktivitas yang tidak biasa pada akun mereka.

Namun jika pengguna lupa akan password miliknya, mereka dapat meresetnya melalui dua metode, baik melalui SMS atau email. Bila memilih opsi kedua, mereka akan menerima mandat untuk mereset ulang password melalui alamat email mereka.

Jika memilih SMS, mereka harus mencocokkan nomor ponsel dengan akun Twitter. Setelah nomor tersebut diaktifkan, kemudian mereka dapat menonaktifkan notifikasi teks.

Untuk meminta penggantian ulang password melalui SMS, mereka terlebih dulu harus mengklik link `forgot password` di Twitter dan setelah itu cukup ketik nomor ponsel.

Sebuah kode kemudian akan dikirim sebagai pesan teks yang memungkinkan pengguna membuat password baru untuk akun Twitter mereka.

Dalam hal ini Twitter bukanlah media sosial pertama yang memungkinkan pengguna untuk me-reset password melalui SMS. Facebook dan Gmail pun melakukan hal yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.