Sukses

Setelah Yahoo!, Giliran Wikipedia yang Punya Bos Cantik

Tretikov dinilai sebagai pemimpin yang luar biasa dengan hasrat untuk pengetahuan, latar belakang teknis dan produk yang mendalam.

Liputan6.com, Nama Marissa Mayer pastinya sudah tak asing lagi di telinga para pemerhati industri teknologi. CEO Yahoo! itu merupakan seorang wanita rupawan yang dikenal memiliki insting bisnis mumpuni. Tak tanggung-tanggung, sejak menjabat sebagai bos besar Yahoo! pada Juli 2012 lalu, wanita yang sebelumnya sempat mengabdi selama 13 tahun di Google itu tercatat telah melakukan aksi akuisisi sebanyak 37 kali.

Berkaca pada kesuksesan Yahoo!, Wikipedia dilaporkan juga telah menunjuk seorang wanita cantik bernama Lila Tretikov untuk mengisi salah satu posisi jajaran eksekutif perusahaan. Tretikov sendiri akan menjabat sebagai Executive Director of Wikimedia Foundation yang merupakan perusahaan induk dan bertanggung jawab langsung atas Wikipedia.

Menurut yang dilansir laman Recode, Rabu (7/5/2014) , per 1 Juni 2014 mendatang, wanita cantik berusia 36 tahun berdarah Rusia itu akan menggantikan pejabat sebelumnya, Sue Gardner, yang sudah memimpin Wikipedia selama kurang lebih tujuh tahun.

Dalam pernyataan resminya Tretikov menyebutkan, "ketika saya mendengar penunjukkan saya sebagai pimpinan baru di Wikipedia, saya berpikir ini adalah sesuatu yang sangat besar: memimpin sebuah situs web yang sangat besar dan populer di dunia. Wikipedia memiliki 80 ribu pengguna aktif di berbagai penjuru dunia, dan saya mulai saat ini mengemban sebuah misi besar - memberikan dan menyediakan informasi pengetahuan secara bebas untuk semua orang."

Salah seorang direktur Wikipedia, Jan-Bart De Vreede, mendeskripsikan Tretikov sebagai pemimpin yang luar biasa dengan hasrat untuk pengetahuan, latar belakang teknis dan produk yang mendalam. Ia pun mengatakan bahwa Tretikov adalah pengguna dan pembaca setia Wikipedia, meski sebenarnya wanita lulusan University of California itu belum pernah menempati posisi editor konten di Wikipedia.

Penunjukkan Tretikov sendiri dibantu oleh perusahaan jasa pencari eksekutif, Oppenheim Associates. Hanya dalam kurun waktu satu bulan, Oppenheim Associates dan Wikimedia Foundation bersepakat untuk menunjuk Tretikov sebagi nakhoda baru Wikipedia.

Sebelum menjabat sebagai bos baru Wikipedia, Tretikov sempat bekerja di perusahaan software SugarCRM sebagai Chief Product Officer selama 2 tahun. Bersama sejumlah rekannya, ia pun merintis perusahaan software dan konsultasi IT bernama Zamurai Corporation.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini