Sukses

Kaesang: Saya Tidak Akan Duet dengan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

Kaesang enggan menerangkan secara rinci apa rencana yang akan dilakukan dirinya dengan PSI dalam pertarungan di Pilkada 2024.

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menegaskan dirinya tidak akan berduet dengan Anies Baswedan untuk maju di Pilkada Jakarta.

"Sekedar info aja ya buat teman-teman semua dan saya kira sudah tau, Pak Anies sama saya kan beda," kata Kaesang, Jumat (21/6/2024).

Kaesang enggan menerangkan secara rinci apa rencana yang akan dilakukan dirinya dengan PSI dalam pertarungan di Pilkada 2024.

Sebelumnya, sikap Kaesang yang enggan menjelaskan rencana dengan rinci terkait dengan rencana dirinya yang akan maju dalam Pilkada 2024 sudah diperlihatkan ketika ditemui awak media di kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Jumat (7/6).

"'Kan sudah saya sampaikan, tunggu kejutannya nanti pada Agustus," ujar Kaesang.

Menurut dia, akan ada kejutan tentang maju atau tidak dirinya pada Pilkada Jakarta 2024.

Kaesang pun meminta semua pihak untuk bersabar karena pendaftaran bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur melalui jalur partai politik pada tanggal 27 sampai 29 Agustus 2024.

"Masih lama pendaftarannya, masih bulan Agustus, akhir Agustus 'kan. Sabar," kata dia.

Kaesang Pangarep mendatangi Masjid At Taqwa di Gedung Dakwah Muhammadiyah DKI Jakarta untuk menunaikan ibadah shalat Jumat.

Dari pantauan di lokasi, Kaesang terpantau datang pada pukul 11.54 WIB. Dia datang mengenakan kemeja panjang berwarna putih sambil mengenakan peci berwarna hitam.

Kaesang langsung disambut beberapa pihak dari Muhamadiyah yang telah menunggu dari depan gerbang, kemudian dia langsung masuk ke dalam halaman untuk menyapa warga yang ada di sana.

Beberapa warga ada yang minta swafoto. Ada pula yang mengajak Kaesang berbicara.

"Mas Kaesang siap ke Jakarta?" kata seorang warga bertanya kepada Kaesang.

"Siap Ibu, terima kasih," kata Kaesang menjawab warga tersebut.

Kaesang pun langsung naik ke lantai atas untuk menunaikan shalat Jumat bersama warga dan jajaran pengurus Muhammadiyah DKI Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gerindra Sandingkan Budisatrio dengan Kaesang

Pada hari Rabu, 29 Mei 2024, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad melalui akun media sosial Instagram pribadi @sufmi_dasco mengunggah foto Budisatrio Djiwandono bersanding dengan Kaesang Pangarep dengan tulisan Calon Gubernur DKI Jakarta dan Calon Gubernur DKI Jakarta "For Jakarta 2024".

Selain menyandingkan Budisatrio dengan Kaesang, Dasco juga sempat mengunggah foto Budisatrio dengan pesohor Raffi Ahmad sebagaimana format foto pasangan calon peserta Pilkada atau pemilu di Instagram pribadinya.

Pada hari Kamis, 18 April 2024, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan bahwa sosok kader yang dipersiapkan untuk Pilkada Jakarta masih dalam penggodokan. Partai Gerindra memiliki beberapa kader muda, di antaranya Budisatrio Djiwandono dan Moreno Soeprapto.

"Kami punya jago, diutamakan sosok fresh dan muda," katanya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

3 dari 3 halaman

Respons Anies soal Duet dengan Kaesang

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons, keinginan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (Ketum PSI) Kaesang Pangarep yang ingin dipasangkan dengan Anies di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Menurut Anies, pasa dasarnya setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk mengikuti Pilkada sesuai aturan yang ada. Kendati begitu, Anies bilang, untuk dapat maju sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur diperlukan dukungan koalisi partai politik (parpol).

"Dari situ kemudian nanti akan dicarikan, dicari kombinasi pasangan sebagai bagian dari proses politiknya. Jadi pada Saya bisa katakan secara prinsip negeri ini menganut prinsip itu, semua punya kesetaraan kesempatan," kata Anies di Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2024).

Diketahui, Anies resmi diusung DPW PKB DKI Jakarta sebagai calon tunggal untuk Pilkada Jakarta 2024. Usulan tersebut akan segera diserahkan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB.

PKB, lanjut Anies juga butuh berkoalisi dengan parpol lainnya agar dapat mengusung cagub-cawagub lainnya di Pilkada Jakarta 2024.

"Kita memikirkan bagaimana agar tidak PKB sendirian. Tetapi bisa bersama-sama dgn partai yang lain karena tidak mungkin sendirian bukan," kata Anies.

"Jadi urutannya begitu dulu, setelah urutan itu selesai baru kita bicarakan pasangan," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.