Sukses

Tumpah Ruah, Warga Padati Ruas Jalan Rute Surabaya Vaganza 2024

Surabaya Vaganza 2024 menjadi ajang tontonan menarik bagi warga Surabaya dan sekitarnya. Mereka terlihat memadati bahu-bahu jalan di sepanjang rute parade Surabaya Vaganza, mulai dari Tugu Pahlawan hingga ke Alun-Alun Surabaya.

 

Liputan6.com, Surabaya - Surabaya Vaganza 2024 menjadi ajang tontonan menarik bagi warga Surabaya dan sekitarnya. Mereka terlihat memadati bahu-bahu jalan di sepanjang rute parade Surabaya Vaganza, mulai dari Tugu Pahlawan hingga ke Alun-Alun Surabaya.

Event yang digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731 itu, diawali dengan Parade Mobil Hias yang diikuti oleh berbagai instansi. Selanjutnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi yang menggunakan busana Manten Pegon menyusul di belakangnya. Dalam rombongan ini juga ada Forkopimda Kota Surabaya. 

“Alhamdulillah tahun ini lebih meriah karena Surabaya Vaganza tahun ini memiliki tema yang menceritakan sejarah Surabaya dari masa lampau sampai hari ini, jadi dari sebelum kerajaan, masa kolonial, metropolitan, sampai saat ini. Jadi, kita mengajak warga untuk mengingat kembali sejarah Surabaya,” kata Eri Cahyadi seusai acara, Minggu (27/5/2024). 

Dalam Surabaya Vaganza kali ini, eri bersama istrinya memakai busana Manten Pegon untuk menyesuaikan dengan tema yang diangkat dalam Surabaya Vaganzai. Eri mengingatkan kepada warga Kota Surabaya untuk tidak pernah lupa dengan busana Manten Pegon yang merupakan salah satu kebanggaan Surabaya. 

“Saya harus mengenalkan kembali, mengingatkan kembali kepada warga bahwa kita punya kebanggan, yaitu Busana Manten Pegon. Karenanya, kita sebagai warga Kota Surabaya harus terus mengingat bahwa Busana Manten Pegon ini adalah kebanggaan Kota Surabaya,” tegasnya. 

Meskipun Surabaya Vaganza kali ini sudah meriah dengan tema yang diangkat, namun Eri menjanjikan dan berkomitmen Surabaya Vaganza tahun depan akan semakin meriah dan dipastikan berbeda dengan tahun ini.

"Surabaya Vaganza ini akan terus berbeda-beda setiap tahunnya sesuai dengan tema yang kami angkat, orang-orang dan penampilannya juga akan berbeda-beda, tunggu saja tema Surabaya Vaganza tahun depan, insyaallah akan lebih menarik lagi,” kata Eri Cahyadi

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lakukan Evaluasi

Eri menjelaskan, pihaknya akan melakukan sejumlah evaluasi untuk kesempurnaan Surabaya Vaganza tahun depan. Salah satu yang menjadi bahan evaluasinya adalah ketepatan waktu. Sebenarnya, dia bersama jajarannya sudah merencanakan Surabaya Vaganza itu selesai semuanya sekitar pukul 17.00 WIB, sehingga sebelum magrib sudah beres semuanya. 

“Selain itu, ketika peserta ada penampilan atau atraksi, waktunya juga tidak boleh lebih dari yang sudah kita tentukan, sehingga jangka waktu penampilannya dan perjalanannya bisa tepat waktu seperti apa yang sudah kita rencanakan,” katanya. 

Dia berharap kepada warga Kota Surabaya untuk terus mengingat perjalanan panjang sejarah Kota Surabaya. Bahkan, ia juga meminta bahwa ingatlah Surabaya itu dibangun bukan karena kekuasaan, Surabaya dibangun bukan karena rebutan jabatan dan sebagainya. 

“Tapi Surabaya dibangun dengan kasih sayang dan guyub rukunnya serta saling menghormatinya warga Kota Surabaya. Semangat warga Kota Surabaya, karena guyub rukun ini akan kita tuangkan juga ke dalam Kampung Madani di kampung-kampung Surabaya,” pungkasnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.