Sukses

Wisata Bahari Bansring Underwater Banyuwangi Jadi Tujuan Favorit saat Libur Lebaran

Kunjungan wisatawan di sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi terus naik pada momen libur panjang Hari Raya Idul Fitri 2024 ini. Seperti salah satunya di destinasi wisata Bahari Bansring Underwater (Bunder) Banyuwangi.

Liputan6.com, Banyuwangi - Kunjungan wisatawan di sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi terus naik pada momen libur panjang Hari Raya Idul Fitri 2024 ini. Seperti salah satunya di destinasi wisata Bahari Bansring Underwater (Bunder) Banyuwangi.

Di destinasi wisata yang mengajak para wisatawan untuk ikut melakukan konservasi trumbu karang ini, di momen libur lebaran ini kunjungan wisatawan naik hingga 16 kali lipat dari hari-hari biasanya

“Kalau hari- hari biasa, kunjungan wisatawan, berkisar antara 300 pengunjung. Pada libur lebaran ini bisa mencapai 5000 pengunjung setiap harinya,” ujar Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bansring Underwater, Wildan Sukirno, Minggu (14/4/2024).

Kata Wildan, sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Bansring Underwater berasal dari luar kota Banyuwangi, seperti Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Jakarta, Sidoarjo dan sejumlah kota lainya.

“Wisatawan luar kota yang mendominasi, mereka sembari bersilaturrahmi ke rumah saudaranya pada momen leberan ini, sembari berlibur. Kalau untuk wisatawan lokal ada juga tapi masih banyakan dari luar kota,”tambahnya

Menurutnya, para wisatawan, selain menikmati indahnya pantai Bansring Underwater, juga diajak untuk melakukan transplantasi trumbu karang, dan mengunjungi klinik Ikan Hiu di rumah Apung Bansring Underwater.

“Tujuanya agar mereka teredukasi, untuk mau merawat trumbu karang terutama di wilayah Selat Bali. Para wisatawan juga terkadang mengunjungi Pulau Tabuhan salah satu pulau yang dimiliki Kabupaten Banyuwangi,” paparnya.

Wildan memperkirakan hari ini Minggu (14/4/2024) merupakan puncak kunjungan wisatawan pada momen libur Lebaran 2024 ini. Sebab hari Senin sebagian besar masyarakat telah kembali ke daerahnya untuk melakukan aktivitasnya  lagi.

“Kami memperkirkan hari ini puncak lunjungan wisatawan, bisa mencapai 5000 ribu lebih kunjungan karena bisa dikatakan hari ini kan hari terakhir libur panjang,” tutur Wildan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melihat Klinik Ikan Hiu

Sementara itu, salah satu pengunjung Bansring Underwater, Nurdiaana mengaku, baru hari Minggu ini bisa menyelahkan waktunya untuk berlibur. Dan dia bersama keluarganya memilih Bansring Underwater untuk berlibur

“Mulai kemarin kita sekeluarga sibuk bersilaturrahmi ke rumah saudara- saudara, jadi baru kali ini bisa libur. Di Bunder ini enak suasananya dan bisa melihat Ikan hiu di rumah apung, selain itu bisa menikmati pemandangan laut Selat Bali,” ujar wisatawan asal Sidoarjo ini.

Dia berencana setelah mengunjungi Bansring Underwater ini, langsung pulang ke Sidoarjo melalui jalur Pantura.

“Ini nanti selelsai berwisata kita langsung pulang, ke Sidoarjo karena besok, suami saya sudah masuk kerja.saya senang berwisata di Banyuwangi karena bagus dan pantainya bersih,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.