Sukses

Dipercaya Bawa Berkah, 492 Calon Pengantin di Bojonegoro Bakal Nikah di Malam Songo Ramadhan

Kasi Bimas Kemenag Kabupaten Bojonegoro Zaenal Arifin mengatakan seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) sudah melakukan pendataan bagi calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan di malam Songo.

Liputan6.com, Bojonegoro - Pernikahan di Malam Songo (malam sembilan) atau malam 29 di Bulan Suci Ramadha dipercaya oleh sebagian masyarakat akan membawa berkah tersenidiri bagi pasangan yang melangsungkan pernikahan.

Di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur sebanyak 492 pasangan pengantin (Catin) yang akan melangsungkan pernikahan di Malam Songo pada Bulan Suci Ramadhan 2024 ini.

Kasi Bimas Kemenag Kabupaten Bojonegoro Zaenal Arifin mengatakan seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) sudah melakukan pendataan bagi calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan di malam Songo.

"Setidaknya sampai tanggal 1 April, data calon pengantin yang terkumpul ada 492 pasang calon pengantin," ujarnya di Bojonegoro, Selasa (2/4/2024).

Ia mengemukakan terkait mekanisme pengajuan pendaftaran pernikahan dimulai dari desa melalui P3N, selanjutnya seluruh persyaratan dibawa ke kantor KUA, kemudian dilakukan pemeriksaan berkas, diadakan bimbingan mandiri oleh penyuluh KUA.

"Dalam melayani calon pengantin menikah malam Songo ada 40 penghulu yang ditugaskan dan akad nikah dimulai setelah dzuhur," tuturnya.

Terkait dengan 40 penghulu tersebut, lanjut Zaenal, terdiri atas 28 penghulu yang juga merangkap kepala KUA, 10 penghulu murni dan dua orang penghulu P3K untuk membantu pelaksanaan nikah.

"Karena pernikahan di luar kantor, sesuai aturan biayanya Rp600 ribu," kata Zaenal yang juga Plt Kasubag TU Kemenag Bojonegoro.

Ia mohon doa dan dukungan semua pihak agar semua calon pengantin terlayani, serta tidak ada kendala dan semua berjalan lancar.

"Alasannya mendapat berkah Ramadhan dan 1 Syawal sudah punya pasangan," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Calon Pengantin yang Bakal Nikah di Malam Songo di Bojonegoro

 

Berikut data 492 pasang Calon Pengantin (Catin) dari KUA se-Kabupaten Bojonegoro per tanggal 1 April 2024 :

- Bojonegoro 19 Catin

- Kapas 26 Catin

- Balen 36 Catin

- Sugihwaras 23 Catin

- Dander 25 Catin

- Temayang 7 Catin

- Trucuk 13 Catin

- Sukosewu 20 Catin

- Baureno 40 Catin

- Kanor 42 Catin

- Kepohbaru 40 Catin

- Kedungadem 35 Catin

- Sumberejo 46 Catin

- Kalitidu 12 Catin

- Malo 11 Catin

- Ngasem 20 Catin

- Bubulan 3 Catin

- Gondang 3 Catin

- Padangan 11 Catin

- Purwosari 8 Catin

- Kasiman 12 Catin

- Kedewan 2 Catin

- Ngraho 11 Catin

- Tambakrejo 8 Catin

- Ngambon 4 Catin

- Margomulyo 0 Catin

- Sekar 0 Catin

- Gayam 15 Catin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.