Sukses

Pertamina Tambah 15 Persen Pasokan BBM dan LPG Penuhi Kebutuhan Pemudik

PT Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) menambah stock atau persedian bahan bakar minyak (BBM) termasuk penambahan kuota gas LPG sampai dengan 15 persen sepanjang arus mudik dan balik lebaran 2024.

Liputan6.com, Banyuwangi PT Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) menambah stok atau persedian bahan bakar minyak (BBM) termasuk penambahan kuota gas LPG sampai dengan 15 persen sepanjang arus mudik dan balik lebaran 2024.

Dikretur Rekayasa dan Infrastuktur Darat PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Eduward Adolof Kawi mengatakan, bahwa penambahan persediaan BBM dan LPG 10-15 persen dari stok normal sebagai upaya antisipasi peningkatan konsumsi pada momentum arus mudik/balik Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriah.

“Dari data-data tahun sebelumnya, peningkatan konsumsi lebih tinggi  prediksinya  pada arus balik, oleh karena itu kami tambah persedian 15 persen,” ujarnya, Kamis (28/3/2024).

Dia menyembutkan, peningkatan konsumsi LPG selama Ramadan dan Idul Fitri diproyeksikan mencapai 7 persen dari konusmi harian.

Khusus wilayah Integrated Terminal BBM/LPG Tanjungwangi Banyuwangi yang meliputi Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, dan Jember, menurutnya  konsumsi harian elpiji sebanyak 507 meterik ton per hari atau 169.00 tabung LPG.

“Sementara stock LPG untuk di Terminal BBM/LPG Banyuwangi saat ini 4.630 metrik ton atau 1534 juta tabung LPG aman untuk kebutuhan masyarakat sampai lebaran,” tuturnya.

Sedangkan stok bahan bakar minyak (BBM) gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax turbo) kata dia juga ditambah15 persen selama arus mudik daan balik lebaran tahun ini.

“Stock gasoline saat ini ada sebanyak 26.000 kilo liter. Dinaikkan 15 persen dari konsumsi harian 1600 kilo liter per hari,” tambah Eduward.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Produksi Solar Turun 11 Persen

Berbeda dengan BBM gasoil (solar) diproyeksikan terjdi penurunan konsumsi selama Ramadhan dan Idul Fitri 11 persen dari konsumsi harian 1.162 kilo liter per hari karena adanya pembatasan perjalanan truk logistik mulai 5 hingga 15 April 2024.

“Mengenai stock bahan bakar minyak jenis gasil atau solar di wilayah Terminal BBM Banyuwangi sebanyak 17.300 kilo liter per hari,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.