Sukses

54 Kapal Disiapkan untuk Angkutan Mudik Lebaran 2024 di Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk

Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi pada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Jawa Timur menyatakan sebanyak 54 unit armada kapal feri lintasan Ketapang (Banyuwangi)-Gilimanuk (Bali) laik dan siap melayani angkutan Lebaran 2024.

Liputan6.com, Banyuwangi Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi pada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Jawa Timur Bayu Kusumo Nugroho menyatakan, pihaknya menyiapkan 54 unit armada kapal feri untuk melayani angkutan lebaran di Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi)-Gilimanuk (Bali).

"Sejak dua pekan lalu kami sudah melakukan ramp check atau uji petik semua kapal feri yang disiapkan melayani penumpang di lintasan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk," katanya, Kamis (28/3/2024).

Dia menyebutkan, dari 54 unit armada kapal laut yang siap beroperasi melayani pemudik dari Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana Bali ke Pelabuhan Ketapang, empat unit di antaranya merupakan kapal perbantuan dari lintasan Padang Bai (Bali)-Lembar (Lombok) dan kapal perbantuan dari lintasan Jangkar (Situbondo)-Lembar (Lombok).

Sedangkan 50 unit armada kapal feri, kata Bayu, merupakan kapal feri yang selama ini beroperasi di lintasan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk, dan semuanya sudah dilakukan ramp check sebelum memasuki arus mudik Lebaran 2024.

"Jadi, empat kapal feri perbantuan tersebut nantinya juga dipersiapkan melayani penumpang (pemudik) pada arus mudik Lebaran, karena kapasitasnya lebih besar," ujarnya.

Bayu menjelaskan bahwa dari hasil uji petik kelaiaklautan mulai dari berbagai penunjang keselamatan pelayaran termasuk kondisi mesin kapal dipastikan aman dan layak laut.

Petugas Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang BPTD Kelas II Provinsi Jatim hanya menemukan terkait dengan kebersihan kapal saat dilakukan pengecekan puluhan unit kapal feri.

"Iya temuannya hanya mengenai kebersihan, saat ini ada sebagian kapal feri sedang dalam docking melakukan pengecatan," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Arus Mudik

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, prediksi puncak arus mudik 2024 yang diperkirakan terjadi pada 5 April 2024.

"Puncak mudik diperkirakan akan terjadi tanggal 5 sampai 8 April 2024, kemudian Idul Fitri hampir bisa dipastikan jatuh tanggal 10 April 2024," kata Muhadjir saat jumpa pers di Gedung Hotel Bidakara Jakarta, Senin (25/3/2024).

Selain prediksi arus mudik, lanjut Muhadjir Effendy, arus balik juga diperkirakan terjadi sepekan berikutnya atau tepatnya pada 13 sampai 16 April 2024.

"Jumlah pemudik berdasarkan hasil survei diprediksi sekitar 193 juta atau terdapat kenaikan 50 persen dibanding di mudik tahun lalu," jelas dia.

Mengantisipasi tingginya jumlah pemudik, Muhadjir memastikan pemerintah sudah meminta Polri untuk bersiap dengan menghadirkan 5.784 pos pengamanan dan pelayanan terpadu yang dilengkapi dengan lintas satuan seperti Kementerian Kesehatan, Basarnas, dan BNPB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.