Sukses

KA Majapahit Generasi Baru Relasi Malang-Jakarta Mulai Beroperasi, Kereta Ekonomi Rasa Eksekutif

KA Ekonomi Majapahit Stainless Steel New Generation produksi PT INKA ini memiliki berbagai keunggulan yang bisa memberikan kenyamanan penumpang selama arus mudik dan balik lebaran 2024

Liputan6.com, Malang - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) resmi mengoperasikan KA Majapahit Generasi Baru relasi Malang – Jakarta pada Senin, 25 Maret 2024 ini. Kereta api ekonomi ini seolah bakal memberikan layanan kelas eksekutif

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan KA Majapahit menggunakan jenis kereta ekonomi Stainless Steel New Generation. Dijadwalkan berangkat pukul 18.45 dari Stasiun Malang dan tiba di Pasar Senen pukul 08.37.

“Waktu tempuh dan harga tiket tetap sama seperti sebelumnya. Pembedanya, penumpang pasti lebih nyaman karena fasilitasnya lebih bagus,” kata Luqman.

KA Majapahit generasi baru memiliki delapan rangkaian total kapasitas 576 tempat duduk. Tiap rangkaian terdapat 72 kursi dengan formasi 2-2 tidak berhadapan bisa diatur berhadapan. Terdapat satu kereta makan pembangkit. Toilet di tiap rangkaian dipisah antara lelaki dan perempuan

“Kemiringan kursi dapat diatur kemiringannya. Pintu penghubung antar kereta sudah elektrik jadi lebih tenang saat penumpang buka tutup pintu,” ujar Luqman.

Berbeda dengan kereta api sebelumnya menggunakan tujuh rangkaian dengan total kapasitas 560 tempat duduk. Tiap rangkaian terdapat 80 kursi dengan formasi 3-2 saling berhadapan dan sandaran tegak lurus.

Keunggulan lainnya dari KA Majapahit generasi baru ini, ada fasilitas charger di masing – masing kursi, musala di kereta makan dan layanan lainnya. Dharapkan memberikan kenyamanan kepada para penumpang khususnya selama arus mudik dan balik lebaran 2024 ini.

“Harapan kami kenyamanan semakin meningkat dan bisa meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi massal kereta api,” ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Tiket KA Majapahit

KA Majapahit Generasi Baru relasi Malang-Pasar Senen bakal melalui Malang Kota Lama, Kepanjen, Wlingi, Blitar, Tulungagung, Kediri, Kertosono, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Walikukun, Sragen, Solo Jebres, Semarang, Pekalongan, Tegal, Cirebon, Bekasi dan Jatinegara.

Menurut Luqman, untuk harga tiket tetap sama seperti sebelumnya yakni sebesar Rp 200 ribu untuk jarak jauh, sedangkan jarak dekat go show dipatok sebesar Rp 90 ribu. Tiket dapat dipesan melalui akses aplikasi PT KAI sejak H-45.

“Tingkat keterisian di hari pertama ini belum terlalu ramai penumpang, kan belum arus mudik,” kata Luqman.

Di wilayah Daop 8 Surabaya, PT KAI menyiapkan dua KA yang menggunakan jenis stainless steel buatan PT INKA (Persero). Selain KA Majapahit, ada pula KA Gaya Baru Malam Selatan (GBMS) relasi Surabaya-Malang yang lebih dulu meluncur pada 14 Maret 2024 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.