Sukses

Tingkat Partisipasi Pemilu 2024 di Banyuwangi Lampaui Target, Capai 76 Persen

Tingkat partisipasi masyarakat pada pemilihan umum 2024 di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mencapai 76 persen. Jumlah tersebut telah melampaui target.

Liputan6.com, Banyuwangi - Tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 di Kabupaten Banyuwangi, mencapai 76 persen. Jumlah tersebut telah melampaui target.

“Alhamdulillah partisipasi masyarakat Banyuwangi pada pemilu kali ini sudah melampaui target yaitu 76 persen," ujar Ketua KPU Banyuwangi Dwi Angraeni Rachman, Sabtu (23/3/2024).

Sebelumnya KPU mengharapkan partisipsi masyarakat pada pesta demokrasi 2024 kali ini tembus 80 persen dari jumlah pemilih tetap di Kabupaten Banyuwangi yang mencapai 1,3 juta jiwa.

Meski target 80 persen belum tercapai KPU Banyuwangi bersyukur partisipasi pemilih di Banyuwangi tetap tinggi dan melebihi target yang ditetapkan yakni 75 persen.

Dwi mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan tingginya partisipasi pemilih di Banyuwangi.

“Pertama Pilpres menjadi magnet tersendiri dalam gelaran pesta demokrasi tahun ini,” tambahnya.

Yang kedua ada kerja sosialisasi KPU yang dilakukan secara masif mulai dari tingkat keluaran/desa, Kecamatan, hingga kabupaten.

Dwi menambahkan, KPU juga bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah daerah, organisasi masyarakat dan media massa, untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Alhamdulillah, kerja keras semua pihak membuahkan hasil,” ucapnya.

Dwi berharap hal serupa terjadi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang rencananya digelar pada November 2024 mendatang.

“Untuk Pilkada, kita masih belum melakukan tahapan, masih fokus pada Pemilu. Tapi April sudah mulai pembentukan badan Ad Hoc,”paparnya.

Sejauh ini tambah Dwi, pihaknya telah menetapkan Keputusan KPU Banyuwangi Nomor 1005 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi Tahun 2024

“Penetapaan Keputusan tentang hasil pemilu ini sudah bisa dilihat di website kami,”pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.