Sukses

Surabaya Kembali Sabet Adipura Kencana, Eri Cahyadi: Matur Nuwun Warga 

Pemkot Surabaya kembali meraih penghargaan Adipura Kencana kedelapan kalinya. Penghargaan Adipura Kencana Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI tersebut, diberikan atas keberhasilan Kota Pahlawan dalam bidang pengelolaan lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Pemkot Surabaya kembali meraih penghargaan Adipura Kencana kedelapan kalinya. Penghargaan Adipura Kencana Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI tersebut, diberikan atas keberhasilan Kota Pahlawan dalam bidang pengelolaan lingkungan. 

Eri Cahyadi menyatakan, penghargaan ini tak lepas dari peran serta dan dukungan masyarakat, para stakeholder bersama pemerintah dalam menjaga kebersihan di Kota Pahlawan. Karenanya, sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menggelar arak-arakan penghargaan tersebut.

"Matur nuwun nggih pak (terima kasih ya pak)," ujar Wali Kota Eri menyapa seorang petugas kebersihan saat melintas di Jalan Ahmad Yani Surabaya. 

Dengan mengendarai mobil jeep, Wali Kota Eri didampingi Ketua TP PKK Surabaya, Rini Indriyani, memimpin arak-arakan Adipura Kencana bersama sejumlah penghargaan lain yang diterima pemkot. Arak-arakan dimulai start dari Jalan Ahmad Yani Surabaya, tepatnya di depan DBL Arena sekitar pukul 10.50 WIB.

Kemudian rombongan melaju ke Jalan Raya Darmo, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Gubernur Suryo, Jalan Yos Sudarso dan finish di Taman Surya, Balai Kota Surabaya.

Di sepanjang rute arak-arakan, Wali Kota Eri tampak sesekali juga menyapa masyarakat yang antusias menyaksikan jalannya pawai tersebut. Bahkan, di beberapa titik rute pawai, ratusan pelajar dari sejumlah SMP dan Kader Surabaya Hebat (KSH) juga terlihat antusias menyambut rombongan.

Sementara saat di Taman Surya Balai Kota Surabaya sekitar pukul 11.34 WIB, rombongan disambut dengan pertunjukan Reog Ponorogo. Di sana juga terlihat panggung hiburan serta berbagai makanan yang sengaja disiapkan untuk ratusan pelajar, KSH dan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya.

"Alhamdulillah hari ini kita bisa mendapatkan Adipura Kencana yang kedelapan berturut-turut. Matur nuwun ini semua berkat njenengan (anda). Ada Kader Surabaya Hebat, teman-teman lurah-camat dan teman-teman kebersihan yang sangat luar biasa," kata Wali Kota Eri dalam sambutannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Surabaya Kota dan Rumah Milik Bersama

Menurut dia, Kota Surabaya tidak akan bisa meraih penghargaan Adipura Kencana kedelapan kalinya tanpa dukungan semua pihak. Sebab, kata dia, Surabaya ini adalah kota dan rumah milik bersama. 

"Semoga Adipura Kencana ini memberikan semangat kepada kita, menunjukan kepada kita, bahwa Surabaya dibangun dengan rasa kekeluargaan dan kebersamaan," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Eri sekaligus mengapresiasi kehadiran pelajar SMP yang turut menyambut kedatangan piala Adipura Kencana. Ia berharap, Adipura Kencana ini dapat menjadi contoh bagi para pelajar bahwa penghargaan tersebut bisa diraih berkat gotong-royong semua pihak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.