Sukses

DLH DKI Jakarta dan dan Kencana Latih Warga Buat Rak Sampah dari Baja Ringan

Dalam upaya mengedukasi masyarakat, Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Kencana Maju Bersama (PT KMB) melakukan pelatihan pembuatan rak sampah dari baja ringan di Komplek Perkantoran Rawa Kerbau, Rawasari Selatan, Jakarta Pusat pada Senin (4/3).

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Kencana Maju Bersama (PT KMB) menggelar pelatihan pembuatan rak sampah dari baja ringan di Komplek Perkantoran Rawa Kerbau, Rawasari Selatan, Jakarta Pusat.

Kegiatan yang juga berkolaborasi dengan Himpunan Aplikator Indonesia (HAPI) ini juga melatih masyarakat untuk semakin paham pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

Usai pemberian materi, peserta pelatihan diberi pengarahan praktek bagaimana proses pembuatan rak sampah. Selama proses pembuatan rak sampah dari baja ringan ini, peserta saling bekerja sama mulai dari pemotongan hollow menggunakan gerinda maupun gunting baja ringan.

Lalu dilanjutkan proses perangkaian yang mengikuti gambar kerja, hingga pemasangan baut agar rak sampah tersambung dengan sempurna dan kokoh.

"Nantinya, rak sampah dari baja ringan ini khusus digunakan untuk sampah botol plastik," ujar General Manager Project PT KMB, Rahmat Sulaiman di sela-sela kegiatan, Senin (4/3/2024).

Pihaknya juga memperkenalkan masyarakat tentang bagaimana cara menggunakan baja ringan secara tepat, dimana selain untuk kebutuhan konstruksi bangunan seperti rangka atap, baja ringan dapat digunakan untuk menciptakan berbagai kreasi.

"Seperti untuk pembuatan rak sampah yang kita kreasikan ini dengan bantuan instruktur dari HAPI. Dan rak sampah ini kualitasnya kualitasnya terjamin karena tahan karat, klem/sambungannya kuat, profil lebih kaku dan ukuran ketebalannya presisi," ujar Rahmat lagi.

Ke depannya, PT KMB, imbuh Rahmat, akan terus berkomitmen melakukan pelatihan-pelatihan penggunaan baja ringan dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.