Sukses

Rakornas Damkar di Surabaya, Plh Dirjen Bina Adwil Sebut Penanggulangan Kebakaran Butuh Kolaborasi Semua Pihak

Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Amran menegaskan pentingnya kolaborasi dan sinergitas seluruh pemangku kebijakan dalam menghadapi tantangan penanggulangan kebakaran.

Liputan6.com, Surabaya - Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Amran menegaskan pentingnya kolaborasi dan sinergitas seluruh pemangku kebijakan dalam menghadapi tantangan penanggulangan kebakaran.

"Pemadam kebakaran (damkar) dan penyelamatan profesional, rakyat terlindungi. Membutuhkan sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kebijakan karena tantangan penanggulangan kebakaran yang semakin kompleks untuk membawa pelayanan pemadam kebakaran yang lebih baik," ujar Amran saat membuka Rakornas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, di Grand City Convention Center Surabaya, Kamis, 29 Februari 2024.

Untuk mendukung program tersebut, perlu ada dukungan sarana prasarana, sumber daya manusia dan seluruh perangkat pendukung, yang tentunya membutuhkan dukungan alokasi pendanaan yang tepat melalui program kegiatan yang efektif.

Tak lupa Amran mengingatkan untuk penggunaan teknologi informasi sebagai salah satu upaya transformasi dalam memberikan pelayanan penanggulangan kebakaran yang bisa digunakan untuk melatih seluruh komponen baik itu aparatur pemadam kebakaran maupun relawan kebakaran.

"Transformasi dalam penanggulangan kebakaran dan penyelamatan dapat kita maksimalkan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi misalnya untuk diklat dasar para relawan kebakaran secara online karena semuanya harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam pelaksanaan tugas." jelasnya.

Sebelum menutup sambutanya, Plh. Dirjen Bina Adwil itu memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh Kepala Dinas Damkar dari Seluruh Indonesia hang hadir untuk mensukseskan agenda tahunan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.