Sukses

Festival Pecinan Banyuwangi Sajikan Beragam Kuliner Khas Negeri Tirai Bambu

Akhir pekan ini Pemkab Banyuwangi menggelar Festival Pecinan di "Pecinan Street Food", kawasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hoo Tong Bio, Kecamatan Banyuwang. Festival ini menyuguhkan beragam atraksi seni hingga aneka kuliner khas Tionghoa selama tiga hari, 23-25 Februari 2024

Liputan6.com, Banyuwangi Pemkab Banyuwangi  menggelar Festival Pecinan di Pecinan Street Food, kawasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hoo Tong Bio Kecamatan Banyuwang. Festival ini menyuguhkan beragam atraksi seni hingga aneka kuliner  khas Tionghoa selama tiga hari, mulai 23 hingga 25 Februari 2024.

“Festival Pecinan menjadi salah satu event penting dalam Banyuwangi Festival. Menunjukkan bagaimana keguyuban dan keramahan semua etnis yang ada di Banyuwangi,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Jumat (23/2/2024).

Pengunjung bisa mencicipi aneka kuliner khas Negeri Tirai Bambu seperti nasi ayam hainan, bebek dan ayam peking, dimsum, kwetiau, dan masih banyak lainnya. Ada juga aneka jajanan seperti bakpao, kue keranjang, bakcang, burger Shanghai, dan sebagainya. Semua makanan tersebut sudah bersertifikasi halal.

Sembari menikmati penganan favorit mereka, pengunjung bisa bersantai menikmati atraksi seni yang kental nuansa imlek. Ada tari barongsai, seni bela diri wushu, dan lainnya.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banyuwangi M Lutfi menjelaskan, seluruh penganan yang disajikan dalam festival ini sudah mendapatkan sertifikasi halal dari Kemenag. Selain itu, para UMKM yang terlibat juga terus mendapatkan pendampingan dari asosiasi chef Banyuwangi.

“Festival ini setiap harinya akan dimulai pukul 16.00-22.00,” urai Lutfi.

Di festival ini para pecinta barang antik juga akan dimanjakan dengan pameran dan bazar barang antik, yang mayoritas berasal dari peninggalan China.

“Silahkan datang, bagi pecinta barang antik juga ada, dipamerkan barang antik tentunya peninggalan kerajaan China,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.