Sukses

Momen Penampakan Epik Ratusan Ekor Lumba-lumba di Pantai Pancer Banyuwangi

Sebuah video langka yang memperlihatkan ratusan ekor lumba-lumba yang sedang berenang bergerombol di lautan, viral di media sosial. Video yang diunggah oleh akun Instagram @enak.dolan pada Rabu (21/2/2023) itu menyebut, lokasi lumba-lumba itu berada di perairan Pantai Mustika Pancer Banyuwangi, Jawa Timur.

Liputan6.com, Banyuwangi - Sebuah video langka yang memperlihatkan ratusan ekor lumba-lumba yang sedang berenang bergerombol di lautan, viral di media sosial.

Video yang diunggah oleh akun Instagram @enak.dolan pada Rabu (21/2/2023) itu menyebut, lokasi lumba-lumba itu berada di perairan Pantai Mustika Pancer Banyuwangi Jawa Timur.

"Dapat video itu dari saudara saya di Pancer saat memancing," kata Mismawati, pemilik akun @enak.dolan Jumat (23/2/2024).

Perempuan asal Sidoarjo tersebut mengatakan, pengambilan video ratusan ekor lumba-lumba itu dilakukan pada Minggu, 18 Februari 2024 lalu.

Jadi, saya itu dikirim video sama Rama lewat WhatsApp. Dia bilang: 'kapan kesini mbak? Ini aku kemarin pas mancing lihat lumba-lumbanya banyak'," ungkap Cici, sapaan akrab Mismawati.

Usai dikirimi video, Cici kemudian mengunggahnya di Instagram. Dia tak menyangka video tersebut banyak yang menonton hingga kemudian viral di media sosial.

"Kami cukup sering ke Pancer. Dan beberapa kali ke Pantai Wedi Ireng dan Pulau Bedil Island," terang Cici.

Cici sendiri mengakui, beberapa kali melewati Perairan Pancer menuju dua lokasi wisata itu, seringkali menjumpai lumba-lumba. 

Tetapi, yang ia temui jumlahnya hanya beberapa ekor lumba-lumba saja. Dan tidak sebanyak yang diabadikan oleh saudaranya tersebut.

"Yang dikirimi saudara saya yang terbaru itu, jumlahnya banyak," ujar Cici.

Menurut informasi dari nelayan setempat, kawasan perairan tersebut memang seringkali dijumpai lumba-lumba.

Terlebih Pancer merupakan kawasan lautan lepas di pantai selatan yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia.

Nelayan setempat biasanya melihat kemunculan lumba-lumba tersebut pada pagi hari dan menjelang malam hari.

"Memang seringkali muncul. Tapi tidak sebanyak itu. Terakhir ketemu di laut pas petik laut kemarin. Ada empat sampai enam ekor," kata Rendra Arifin, nelayan setempat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baru Pertama Kali Muncul Lumba- Lumba Jumlah Banyak

Rendra dan para nelayan Pancer juga sempat kaget melihat unggahan dari media sosial yang viral terkait kemunculan ratusan lumba-lumba itu.

"Kita sempat bertanya-tanya juga dimana lokasi pastinya. Setelah diamati videonya, lokasi lumba-lumba itu diperkiraan jaraknya sekitar 45 menit dari Pantai Pancer," ungkap Rendra.

Menurut Rendra, kemunculan lumba-lumba yang jumlahnya ratusan tersebut baru pertama kali di kawasan perairan Pancer.

"Ya ini kita baru tahu sampai sebanyak itu. Mungkin angin barat daya bisa jadi," tandas Rendra.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.