Sukses

Viral Banner Caleg DPD Jatim Lia Istifhama Dicium ODGJ di Madiun, Begini Respons Pendukung

Jelang Pemilu 2024, relawan dan simpatisan para kontestan politik memiliki banyak cara untuk menjaga elektabilitas para idolanya. Tak terkecuali relawan calon DPD RI Dapil Jatim Lia Istifhama.

Liputan6.com, Surabaya - Jelang Pemilu 2024, relawan dan simpatisan para kontestan politik memiliki banyak cara untuk menjaga elektabilitas para idolanya. Tak terkecuali relawan calon DPD RI Dapil Jatim Lia Istifhama.

Sejumlah relawan Ning Lia yang terdiri dari karyawati pabrik, berkumpul di sebuah rumah makan di sekitaran Sukomanunggal Surabaya, untuk meneguhkan loyalitas mereka kepada keponakan Khofifah tersebut.

“Kami sengaja berkumpul untuk memastikan bahwa kami sangat solid. Kami merupakan emak-emak yang saat ini kerja sebagai karyawati pabrik. Kami berasal dari berbagai kabupaten kota. Kesini kumpul menyempatkan diri untuk satu suara, gaspol dukung Ning Lia caleg DPD RI nomor rolas (12),” kata Evana, warga Kedung Baruk Surabaya, Jumat (26/1/2024).

Dalam kesempatan itu, Evana dan teman-temannya pun menyinggung terkait banner idolanya yang viral akibat dicium seorang pemuda terduga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Madiun.

Wong ODGJ kan gak nduwe duso, polos gak onok niat elek (orang OODGJ tidak punya dosa dan tidak punya niat jelek). Jadi ketika cium banner ning Lia, pikirane cuma siji, iki wong ayu wong apik,” jelas Evana.

Perkataan Evana pun diamini para rekan-rekannya yang mengenal sosok Lia Istifhama, salah satunya Marita. Ia mengatakan, Ning Lia dulunya HRD di perusahaannya, di sebuah pabrik rokok. Saat menjadi HRD, Lia dikenal ramah dan suka senyum.

"Beliau sabar dan tidak sombong sama sekali dengan anak buahnya, apalagi kami yang merupakan buruh pabrik saat itu,” jelas Marita, warga Wonokromo Surabaya tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral di Media Sosial

Ning Lia sendiri, baru-baru ini memang menjadi perbincangan publik karena banner yang merupakan alat peraga kampanye (APK) pencalegannya sebagai calon senator Jatim, dicium seorang lelaki yang diduga mengidap ODGJ.

Hal ini tepatnya di perempatan Pagotan, Geger, Kabupaten Madiun, seperti yang diupload di akun sosial media, diantaranya akun tiktok @me.bgs, pada 19 Januari 2024.

Dalam video yang berjudul “tulung pak purnomo wong iki atasono aku wes ra kuat” dengan backsound lagu Cinderella Trio Macan tersebut, netizen pun ramai berkomentar, seperti:

uwesss cinta berattttt,” cuit akun tiktok its.wannn.

pisan pisan posting ngene cak men ra sepaneng nonton fyp isine gur padu wae,” cuit akun tiktok memetmemet1393.

Piye iiikk ,, bbaanggaaa kkarro ccaleegggke,” cuit akun tiktok Heru.

Bojone wong mas kuiiii,” cuit akun tiktok panggil saja nopal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.