Sukses

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko Lelang Dua Vespa Klasik Miliknya untuk Donasi Palestina

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, menyerahkan proses lelang dua unit motor vespa koleksinya ke Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) sebelum menyumbangkannya ke Palestina.

Liputan6.com, Ponorogo - Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, menyerahkan proses lelang dua motor vespa koleksinya ke Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), sebelum menyumbangkannya ke Palestina.

LAZISNU memiliki link penyaluran bantuan ke Palestina, yaitu dengan menggandeng Al Thoure-Silwan Women (AWC), lembaga internasional yang bermarkas di Yerusalem dengan fokus penanganan perempuan dan anak-anak korban perang di Palestina. 

Menurut Bendahara NU Care LAZISNU Ponorogo Alim Nor Faizin, teknis pelelangan dua Vespa klasik itu berlangsung sederhana. Pihaknya membuka lelang secara terbuka hingga 20 Januari 2024.

Penawar tertinggi berhak membawa pulang motor lansiran Itali itu. Penawar dapat menghubungi nomor telepon +62822-4427-8487 atas nama Alim Nor Faizin.

"Sudah ada yang menawar Rp 10 juta per unit, seluruh dana hasil lelang akan didonasikan ke Palestina,’’ kata Alim, Senin (15/1/2024).

LAZISNU Ponorogo sudah tiga kali menyalurkan bantuan berupa uang tunai ke Palestina. Penyaluran dilakukan berjenjang ke PW LAZISNU Jawa Timur lalu dihimpun di PBNU. Penyaluran dana dipertanggungjawabkan secara terbuka. Bahkan, setiap kali pentasyarufan selalu dipublikasikan.

"Penyaluran bantuan tepat sasaran sehingga banyak masyarakat memercayakan donasinya ke LAZISNU," ungkap Alim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Donasi Kemenag untuk Palestina

Dalam rangka hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia, menggelar acara 'Untaian Doa dan Puisi Untuk Palestina' yang digelar di Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta Selatan, Selasa (2/1).

Dalam acara tersebut Kementerian Agama bersama pihak terkait menggelar acara pembacaan puisi oleh sejumlah budayawan hingga memberikan donasi kepada warga Palestina yang menjadi korban zionis Israel. Total terdapat sekitar Rp 44 Miliar dana terkumpul dari galangan dana seluruh ASN Kemenag.

Menteri Agama, Yaqut Cholil acara yang diinisiasikan bagi warga Palestina untuk memberikan doa serta puisi untuk sekedar hiburan dan tidak ketinggalan juga memberikan donasi. Nantinya dana itu akan berbentuk uang yang disalurkan ke dua lembaga yang dilanjutkan ke Palestina.

"Dari seluruh ASN di kementerian agama dan Dharma Wanita Persatuan yang nanti akan kita salurkan melalui lazis Muhammadiyah dan Lazis NU. Mudah-mudahan ini segera bisa diberikan kepada saudara kita di Palestina dan sedikit bisa meringankan beban," kata Yaqut di lokasi acara, Selasa (2/1).

"Tadi saya juga sudah kordinasi dengan dua lembaganya untuk segera kita syarufkan dengan cepat," tegas dia.

Ia juga mengharapkan agar acara serupa dapat digelar di seluruh lapisan masyarakat. Mengingat Indonesia sendiri kata Yaqut mendukung penuh kebebasan Palestina atas agresi militer Israel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.