Sukses

Polisi Buru Pelaku Lain Kasus Penembakan Relawan Prabowo-Gibran di Sampang Madura

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengungkapkan, tim dari Dirkrimum masih melakukan pengejaran terhadap pelaku lain terkait dugaan kasus penembakan Muarah, relawan Prabowo-Gibran di Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura.

Liputan6.com, Surabaya - Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengungkapkan, tim dari Dirkrimum masih melakukan pengejaran terhadap pelaku lain terkait dugaan kasus penembakan Muarah, relawan Prabowo-Gibran di Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura.

"Pengejaran terhadap pelaku lainnya yang dimungkinkan pelaku ini memakai atau membawa senpi lebih dari satu," ujar Kombes Dirmanto di Mapolda Jatim, Kamis (4/1/2024).

"Sesuai hasil labfor, kami sudah minta data peluru yang ditemukan kaliber 38 mm sehingga kemungkinan senjata yang digunakan jenis revolver snw," imbuh Kombes Dirmanto.

Selain itu, Kombes Dirmanto juga membeberkan perkembangan pemeriksaan saksi, yang kemarin berjumlah 13 orang kini bertambah menjadi 23 orang saksi yang sudah dilakukan pemeriksaan.

"23 orang itu merupakan saksi di TKP, saksi korban, saksi penangkap, dan saksi pemilik CCTV. Ada lima CCTV yang sedang dalam pendalaman labfor Polda Jatim," ucapnya.

Kombes Dirmanto juga berharap bahwa minggu depan kasus penembakan relawan Prabowo-Gibran di Sampang ini sudah terungkap semuanya.

"Kalau sudah terungkap semua akan kami sampaikan secara detail apa motif dan peran pelaku, termasuk pelaku yang dalam pengejaran ini. Dan sampai sekarang ini belum ditemukan motif politik," ujarnya.

Dikonfirmasi mengenai berapa orang DPO yang sedang diburu, Kombes Dirmanto enggan menjawab jumlah DPO, dia malah meminta teman-teman jurnalis di Surabaya untuk bersabar menunggu informasi lebih lanjut.

"Kalau sudah terungkap minggu depan akan kami sampaikan secara detail. Sabar menunggu saja informasi selanjutnya," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Tersangka

Polda Jatim bersama Polres Sampang telah menetapkan tiga orang inisial S,H dan W, menjadi tersangka penembakan Muarah, relawan Prabowo-Gibran di Banyuates, kabupaten setempat. Salah satu dari tersangka tersebut ternyata seorang oknum Kepala Desa (Kades).

"Kami bersama Polres Sampang sudah memeriksa sebanyak 13 orang sebagai saksi serta telah menetapkan tiga orang menjadi tersangka dan telah ditahan di Mapolda Jatim," ujar Kombes Dirmanto, Rabu (3/1/2024).

Kombes Dirmanto mengungkapkan, tim dari Ditreskrimum Polda Jatim bersama dua pleton Brimob menggeledah rumah tersangka di Sampang,pagi tadi.

"Yang digeledah hari ini satu rumah. Rumah itu milik oknum kepala desa (kades)," ucap Kombes Dirmanto.

Kombes Dirmanto masih enggan membeberkan motif ketiga tersangka melakukan penembakan terhadap relawan Prabowo-Gibran itu.

"Kasusnya masih terus didalami dan dikembangkan. Setelah tuntas, akan disampaikan dalam pers rilis," ujar Kombes Dirmanto.

Kombes Dirmanto menyebut, ada beberapa barang bukti yang diamankan diantaranya, sajam, handphone dan beberapa barang bukti lain yang disita penyidik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.