Sukses

Tinjau Perayaan Misa Natal di Sejumlah Gereja, Bupati Ipuk: Momentum Mempererat Persaudaraan Umat Beragama

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuwangi meninjau perayaan malam Misa Natal 2023, di sejumlah gereja, Minggu malam (24/12/2023).

Liputan6.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuwangi meninjau perayaan malam Misa Natal 2023, di sejumlah gereja, Minggu malam (24/12/2023).

"Selamat Natal kami ucapkan untuk umat kristiani di Banyuwangi. Natal menjadi momentum untuk mempererat persaudaraan dan persatuan antar umat beragama," ujar Ipuk.

Ipuk mengapresiasi kerukunan antar umat beragama, yang terus terjaga dengan baik di Banyuwangi selama ini.

Perayaan Natal di GKJW Banyuwangi dihadiri sekitar 700 jemaat. Perayaan Natal di gereja ini digelar dengan sentuhan budaya. Para jemaat mengenakan busana adat nusantara.

"Perayaan Natal di sini cukup unik. Menggambarkan persaudaraan dan persatuan. Semoga Banyuwangi selalu damai, aman, dan sejahtera," tutur Ipuk.

Ditambahkan Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa, dalam pengamanan Natal dan tahun baru 2024 ini mempersiapkan 725 personil gabungan yang disebar di sejumlah titik.

"Selain mengamankan tempat-tempat ibadah, pengamanan juga dilakuka. pusat perbelanjaan, tempat wisata, dan tempat-tempat keramaian lainnya," jelas Kapolresta.

Sementara Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Indra Nusha Respati menambahkan, pihaknya juga melakukan pengamanan di wilayah perairan Selat Bali dengan menyiagakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Rajegwesi dan kapal-kapal kecil milik Satuan Polisi Air (Sat Polair).

"Kami melakukan patroli rutin di perairan Selat Bali untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan," ucap Danlanal.

Peninjaun dilakukan bersama Kapolresta Banyuwangi Kombes Deddy Foury Millewa; Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol Kav Eko Julianto Ramadan dan; Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi, Letkol Laut (P) Indra Nusha Respati. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sterilisasi Gereja

Sementara itu, untuk melakukan sterilkisasi sejumlah gereja, Polresta Banyuwangi, menerjunkan anjing pelacak atau K9.

Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi aksi teror dan memberikan rasa aman bagi jemaat gereja saat perayaan Hari Raya Natal.

Menurut Kabak Operaisonal Polresta Banyuwangi, AKP Basori Alwi, dengan menerjunkan K9 diharapkan dapat memudahkan petugas melacak keberadaan benda mencurigakan di dalam gereja. Kata Basori ada 8 gereja yang telah dilakukan sterilisasi

Hal itu untuk memastikan tidak ada benda- benda yang mencurigakan di dalam dan lingkungan gereja.

“Anjing pelacak ini kita terjunkan  untuk melakukan penyisiran di luar mupun di dalam gereja  yang  digunakan perayaan Natal,” ujarnya.

Sasaran utama yakni benda mencurigakan seperti bahan peledak dan benda mencurigakan lainya yang dapat mengancam keselamatan jemaat

“Setiap sudut gereja sudah disisir oleh petugas agar steril dari ancaman terorisme,” tegasnya.

Berdsarkan hasil sterilisasi yang dilakukan di delapan gereja tersebut, semunya dipastikan dalam kondisi aman dan kondusif  dan tidak ditemukan benda mencurigakan.

“Seluruh gereja aman dan tidak ditemukan benda mencurigakan,” pungkasnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.