Sukses

Sopir Bus di Situbondo Jalani Tes Urine Antisipasi Penggunaan Narkoba Pada Angkutan Nataru

Memasuki angkutan libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Seluruh sopir bus di wilayah Situbondo dilakukan tes urine. Hal itu untuk mengantisipasi adanya pengemudi yang menggunakan narkoba sehingga dapat membayakan penumpang.

Liputan6.com, Situbondo Memasuki angkutan libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, seluruh sopir bus di Situbondo dilakukan tes urine.

Hal itu untuk mengantisipasi adanya pengemudi yang menggunakan narkoba  sehingga dapat membahayakan penumpang.

Selain tes urine petugas juga mengecek  kondisi kesehatan sopir bus guna memastikan saat mengemudi mereka benar- benar dalam kondisi sehat atau tidak sedang sakit.

“Petugas gabungan melakukan tes urine pengemudi angkutan penumpang itu guna mengantisipasi adanya sopir yang mengonsumsi narkota dan obat-obatan terlarang lainya  yang dapat membahayakan penumpang,”ujar Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi  Kamis (21/12/2023)

Kata dia,  cek kesehatan sopir angkutan penumpang penting untuk memastikan para pengemudi tersebut tidak terpengaruh obat- obatan, sehingga penumpang bus maupun angkutan umum lainya aman dan nyaman saat bepergian pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Tidak hanya tes urine dan kesehatan pengemudi angkutan umum, kata dia,  petugas juga  melaksanakan pengecekan kelaikan kendaraan bus mulai dari ban hingga fungsi lampu dan kelaikan rem bus lainya termasuk kelengkapan surat dan izin trayek.

“Ini tujuanya untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam rangka kesiapan menghadapi libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 , dan Operasi Lilin Semeru 2023,”paparnya.

Kapolres Situbondo menambahkan, dari sebanyak 52 sopir angkutan umum yang dilakukan tes urine tidak ditemukan dari mereka yang positif mengonsumsi narkoba.

“Untuk para sopir diperiksa oleh tim dari dokter kesehatan. Polres Situbondo bersama Dinas Kesehatan, sedangkan kendaraan diperiksa oleh petugas dari Dinas Perhubungan. Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan sopir yang terindikasi menggunakan narkoba dan kendaraan juga laik jalan," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.