Sukses

Banyuwangi Targetkan Kunjungan 100 Ribu Wisatawan saat Libur Nataru 2024

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, menargetkan 100.000 kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata di Bumi Blambangan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Liputan6.com, Banyuwangi - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi menargetkan 100.000 kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata di Bumi Blambangan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Dengan potensi alamnya yang memukau, seperti Marina Boom Beach, Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, Djawatan hingga destinasi tropis lainya, Banyuwangi berusaha menjadi jujugan utama bagi para pelancong yang hendak menikmati momen bersama menghabiskan waktu dipenghujung tahun 2023.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Banyuwangi, Ainur Rofiq, mengatakan, Banyuwangi menarget sekitar 3,5 juta kunjungan wisatawan di tahun 2023, dan untuk mencapai angka itu, harapanya kota paling ujung timur di Pulau Jawa ini mendapat sebanyak 100.000 kunjungan wisatawan saat momen libur Nataru.

"Diprediksi libur Nataru 2024 kali ini kunjungan wisatawan di Banyuwangi bakal meningkat dan segala upaya untuk meningkatkan target tersebut juga akan dimaksimalkan," ujar, Rofiq, Sabtu (9/12/2023).

Untuk itu, kata Rofiq, dalam waktu dekat Disbudpar akan segera mengumpulkan seluruh pelaku wisata termasuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) seluruh Banyuwangi untuk merencanakan kesiapan tempat wisata, termasuk bagaimana menarik wisatawan dalam momen libur panjang ini agar banyak dikunjungi. 

Rofiq menerangkan, nantinya di beberapa titik destinasi akan ada tampilan-tampilan kesenian selama libur berlangsung, hal ini diharapkan bisa mebuat ketertarikan masyarakat agar berkunjung ke tempat wisata .

"Jadi nanti kita ingin dibeberapa titik destinasi ada yang menampilkan kesenian untuk menarik pengunjung," pungkasnya.

Selain dapat menarik perhatian wisatawan berkunjung dengan tampilan kesenian. Dalam kesiapan menyambut libur Nataru, seluruh destinasi wisata Banyuwangi juga bakal meningkatkan pelayanan demi kenyamanan berlibur di Kota Gandrung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyuwangi Suguhkan Sejumlah Event Festival

"Peningkatan keamanan, kebersihan, inventarisir wisata yang akan dikembangkan saat libu Nataru hingga kesiapan personil pengelola wisata dalam menghadapi lonjakan pengunjung akan juga dibahas nantinya," cetus Rofiq.

Bukan hanya itu, di momentum bulan Desember ini bakal ada event Festival besar yang diselenggarakan, diantaranya Banyuwangi Beach Jazz Festival hingga refleksi akhir tahun yang digadang bakal menarik wisatawan ke Banyuwangi, dengan menyuguhkan konser dengan view selat Bali di Pantai Marina Boom.

Jadi, untuk kalian yang ingin berlibur dengan aman, nyaman dan penuh kemeriahan, Banyuwangi bisa menjadi solusi jujugan berlibur bersama keluarga rekan maupun solo traveling dengan menikmati tropis alam di Bumi Blambangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.