Sukses

Terbukti Bersalah Menemper Kereta Api Turangga di Jombang, Sopir Truk Divonis Penjara 1 Bulan 15 Hari

Pengadilan Negeri Jombang menjatuhkan vonis 1 bulan 15 hari penjara untuk sopi truk yang menemper atau tabrak kereta api Turangga di perlintasan Jatipelem Kecamatan Diwek Jombang, Jawa Timur pada 30 Maret 2023.

Liputan6.com, Jombang - Pengadilan Negeri Jombang menjatuhkan vonis 1 bulan 15 hari penjara untuk sopi truk gandeng Abdul Haris, yang menemper atau tabrak kereta api Turangga di perlintasan Jatipelem Kecamatan Diwek Jombang, Jawa Timur pada 30 Maret 2023.

"Berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Jombang yang dibacakan pada sidang terbuka untuk umum secara elektronik, menyatakan bahwa sopir truk terbukti bersalah karena kelalaiannya menyebabkan terganggunya perjalanan kereta api dan dikenakan hukuman pidana penjara atas kejadian," ujar Deputy Vice President Daerah Operasi 7 Madiun, Irene Margareth Konstantine, Rabu (22/11/2023).

Menurut Putusan Pengadilan Jombang, sopir truk tersebut dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana tercantum dalam Pasal 310 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Yakni karena kelalaiannya mengemudikan kendaraan bermotor menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kerusakan kendaraan," katanya.

Diketahui, KA Turangga tertemper oleh truk gandeng S 9007 UW bermuatan pakan ternak di perlintasan Jatipelem Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada 30 Maret 2023 sekitar pukul 03.59 WIB. Akibatnya, truk hancur dan sarana serta prasarana perkeretaapian mengalami kerusakan.

Dampak dari kejadian tersebut, PT KAI mengalami kerugian sangat besar. Selain kerusakan lokomotif, kerusakan jalur KA sepanjang lebih kurang 900 meter juga kelambatan perjalanan kereta api yang terganggu akibat dari kejadian tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Masyarakat Hati-Hati di Perlintasan Kereta

PT KAI mengimbau masyarakat pengguna kendaraan yang melintas di perlintasan sebidang, untuk selalu berhati-hati. Sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku bahwa pengguna jalan dalam melintasi perlintasan sebidang memiliki kewajiban untuk mendahulukan perjalanan KA dan memastikan bahwa kendaraan-nya dapat melewati perlintasan sebidang dengan selamat.

KAI Daop 7 Madiun juga sering melakukan sosialisasi keselamatan lalu lintas di perlintasan sebidang kereta api di wilayah kerjanya.

"Dengan tertibnya masyarakat pengguna jalan dan peran optimal seluruh pemangku kepentingan, diharapkan keselamatan di perlintasan sebidang dapat terwujud. Sehingga perjalanan kereta api tidak terganggu dan pengguna jalan juga selamat sampai di tempat tujuan," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.