Sukses

Warga Nahdliyin Jatim Ikut Bangga Kiai Abdul Chalim Jadi Pahlawan Nasional

Anggota DPRD Jatim Deni Prasetya mengaku ikut bangga atas gelar pahlawan untuk M. Tabrani yang diusulkan oleh Pemprov Jatim. Deni juga mengaku bangga atas gelar pahlawan untuk KH Abdul Chalim, meski gelar itu secara resmi diusulkan oleh Pemprov Jabar.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah telah menetapkan enam pahlawan nasional yang prosesi resminya dilaksanakan di istana negara. Enam tokoh itu adalah Ida Dewa Agung Jambe (Bali), Bataha Santiago (Sulawesi Utara), Momhammad Tabrani (Jawa Timur), Ratu Kalinyamat (Jawa Tengah), KH Abdul Chalim (Jawa Barat), dan KH Ahmad Hanafiah (Lampung).

Anggota DPRD Jatim Deni Prasetya mengaku ikut bangga atas gelar pahlawan untuk M. Tabrani yang diusulkan oleh Pemprov Jatim. Deni juga mengaku bangga atas gelar pahlawan untuk KH Abdul Chalim, meski gelar itu secara resmi diusulkan oleh Pemprov Jabar.

"Warga Jatim dan Nahdliyin pasti ikut bangga dengan gelar pahlawan nasional untuk KH Abdul Chalim. Beliau adalah salah satu tokoh pendiri NU yang punya kontribusi besar dalam keluarnya resolusi jihad dan ikut mengorganisir perlawanan laskar rakyat dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya," kata Deni, Minggu (12/11/2023).

Deni yang mengusulkan gelar pahlawan nasional untuk Kiai Abdul Chalim sejak dua tahun lalu itu menambahkan, meski berasal dari Leuwimunding, Majalengka, Jawa Barat. Namun kiprah perjuangan ayahanda KH Asep Saifuddin Chalim pengasuh Ponpes Amanatul Ummah itu lebih banyak di Surabaya, Jawa Timur.

Karena itu, Deni melanjutkan, tak heran kalau Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ikut mendorong proses pengajuan gelar pahlawan nasional untuk Kiai Abdul Chalim. Demikian juga dengan tokoh Jatim lain, termasuk dirinya sebagai wakil rakyat di Jawa Timur.

"KH Abdul Chalim adalah salah satu pendiri NU. Mengingat catatan sejarahnya ada, bahkan beliau tercatat sebagai Katib Tsani dalam kepengurusan PBNU periode pertama. Kiai Abdul Chalim juga perintis Persatuan Guru NU (Pergunu) dan Koperasi NU," terang kader muda NU ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Literasi tentang KH Abdul Chalim

Deni berharap pasca keluarnya pengakuan gelar pahlawan nasional secara resmi oleh pemerintah RI. Ada tindak lanjut untuk menerbitkan literasi tentang KH Abdul Chalim dan para pahlawan nasional.

Menurut kader Ansor Jatim ini, penulisan di buku sejarah perlu dilakukan. Hal ini untuk menjadi sumber wawasan untuk para generasi muda. Dengan begitu, perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan bisa menjadi teladan bagi generasi selanjutnya.

"Langkah Gubernur Khofifah memasang foto KH Abdul Chalim dan M. Tabrani adalah langkah yang bagus dan bentuk pengakuan kepada para pahlawan dan keluarga mereka. Saya berharap foto para pahlawan itu juga dipasang di kantor-kantor instansi pemerintah, termasuk di DPRD Jatim," pungkas putra Haji Marzuki Abdul Ghofur, tokoh NU asal Kencong tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.