Sukses

Kapolda Jatim soal Ancaman Teroris Saat Piala Dunia U-17 di Surabaya: Insyaallah Semua dalam Kendali

Kapolda Jawa Timur Irjen Imam Sugianto menyebut ancaman aksi terorisme saat gelaran Piala Dunia U-17 di Surabaya dalam kendali.

Liputan6.com, Surabaya - Kapolda Jawa Timur Irjen Imam Sugianto menyebut ancaman aksi teroris saat gelaran Piala Dunia U-17 di Surabaya dalam kendali.

"Soal terorisme, Insyaallah mudah-mudahan semuanya dalam kendali," ujar Irjen Pol Imam usai menghadiri Latihan Pra Operasi Kepolisian Terpusat Aman Bacuya 2023 di Mapolda Jatim, Selasa (7/11/2023).

Irjen Imam mengungkapkan, tim Satgaswil Densus 88 terus bekerja untuk memastikan potensi ancaman terorisme saat Piala Dunia U-17 di Surabaya.

"Tim Satgaswil Densus 88 terus bekerja, semoga di bawah kendali yang baik," ujarnya.

Selain itu, lanjut Irjen Imam, pihaknya memastikan bahwa Piala Dunia U-17 yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, dapat berlangsung aman dan lancar.

"Titik krusial yang harus kita waspadai adalah bagaimana mengelola rolakir (pengaturan rute, lalu lintas dan parkir kendaraan) karena banyak masyarakat pecinta bola yang akan datang ke sini," ucapnya.

Irjen Pol Imam menjelaskan, kendaraan roda dua dan roda empat tidak boleh sembarangan keluar masuk di ring satu dan ring dua stadion GBT. Panitia juga sudah menyiapkan shuttle bus gratis yang akan mengangkut penonton bertiket dan rutenya sudah ditentukan.

"Nanti masyarakat yang akan menonton dan sudah membeli tiket online itu, betul-betul menggunakan bus masuk ke sini. Jadi, tidak boleh kendaraan roda dua dan roda empat sembarangan masuk ke sini," ujarnya.

Kapolda Jatim meminta masyarakat pecinta bola yang akan menonton selain dipastikan harus bertiket, juga tidak diperbolehkan membawa barang berbahaya ataupun membawa atau minum minuman keras sebelum masuk stadion.

“Mari kita sukseskan kegiatan ini karena Indonesia baru kali ini ditunjuk dan dipercaya oleh dunia untuk menyelenggarakan gelaran Piala Dunia U-17 yang pertama kali," ucapnya.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan 350 Polisi Steward

Polda Jawa Timur menyiapkan 350 personel khusus untuk menjadi steward atau petugas layanan saat pertandingan Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya pada 10 November 2023.

Kepala Biro Operasi (Karoops) Polda Jatim Kombes Pol Puji Santoso menyatakan, personel yang akan ditugaskan sebagai steward Piala Dunia U-17 sudah diberikan pelatihan khusus.

Ia menyebut bahwa para personel yang ditempatkan sebagai steward diwajibkan mengikuti pelatihan sebelum pertandingan Piala Dunia U-17 digelar. Hal itu kata Kombes Puji juga disesuaikan permintaan ketua umum PSSI Erick Tohir.

“Tadi pak Kabagbinops bersama Wakapolrestabes Surabaya sudah pimpin Latihan di GBT bersama personel yang akan ditugaskan sebagai steward,”ujar Kombes Puji, Jumat (3/11/2023). 

Personel yang ditugaskan sebagai Steward nantinya akan ditempatkan di Zona 1 Stadion GBT saat pertandingan berlangsung untuk memberikan pelayanan dan pengamanan.

“Steward nantinya selain melakukan tugas pengamanan juga memberikan pertolongan medis pada penonton yang sakit hingga evakuasi penonton dari dalam keluar stadion jika situasi darurat,”jelas Kombes Puji.

Usai pelatihan lanjut Kombes Puji, 350 Steward dari personel Polda Jatim ini akan diberi surat keterangan telah memiliki kemampuan steward untuk pertandingan sepak bola.

“Steward kita latih selama dua hari dengan pemateri dari panitia lokal PSSI dan Mabes Polri dengan pedoman perpol nomor 10 tahun 2022,” pungkas Kombes Pol Puji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.