Sukses

Goyang Jempol Iriana Jokowi Saat Ditanya soal Gibran Cawapres Prabowo di Pilpres 2024

Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) hanya tersenyum sambil mengacungkan jempol dan bergoyang, saat ditanya mengenai putranya Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Liputan6.com, Surabaya - Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) hanya tersenyum sambil mengacungkan jempol dan bergoyang, saat ditanya mengenai putranya Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Aksi goyang jempol tersebut ditunjukkan Iriana Jokowi usai mengikuti kegiatan Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Indonesia di SDN Dukuh Pakis III/370 Surabaya, Jawa Timur, Kamis (26/10/2023).

Berbeda sikap dengan sang suami, Presiden Jokowi sebelumnya mengaku memberikan dukungan dan doa restu bagi Gibran Rakabuming Raka.

"Orangtua hanya mendoakan dan merestui," kata Jokowi saat ditemui usai menghadiri Apel Hari Santri di Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu (22/10/2023).

Kala itu, Presiden Jokowi menyatakan, bahwa dirinya tak mau mencampuri urusan anak sulungnya itu.

"Semua keputusan di tangan Gibran karena sudah dewasa. Jangan terlalu mencampuri," imbuhnya.

Diketahui, Prabowo-Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk pemilu 2024 ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) pada Rabu, 25 Oktober 2023.

"Baru saja kami datang menyerahkan berkas sebagai langkah untuk kami maju jadi calon presiden dan calon wakil presiden Republik Indonesia untuk pemilihan umum yang akan datang dan untuk masa bakti 2024-2029," kata Prabowo di Kantor KPU RI Jakarta.

Dan pada pagi tadi, sekitar pukul 06.58 WIB, Prabowo dan Gibran tiba di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta, untuk menjalani tes kesehatan.

“Pagi-pagi,” sapa keduanya sambil melambaikan tangan kepada awak media di lokasi, Kamis (26/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo-Gibran Jalani Tes Kesehatan

Bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta. Usai tiba, keduanya langsung berganti baju dengan stelan khusus tes medical check up (MCU).

“Siap-siap,” jawab keduanya saat di lokasi, saat ditanya kesiapan menjalani tes kesehatan hari ini, Kamis (26/10/2023).

Kepala RSPAD Gatot Subroto, Albertus Budi Sulistya mengatakan, keduanya aman menjalani tes pemeriksaan kesehatan selama delapam jam. Artinya, jika masuk sejak pukul 7 pagi, keduanya diperkirakan selesai pada sore hari nanti.

“Ya, rangkaian pemeriksaan antara 8 sampai 10 jam,” jelas Albertus.

Albertus memastikan, tes kesehatan kepada Prabowo dan Gibran akan dijalankan sesuai standar prosedur yang sama seperti dua bakal calon presiden lain yang telah lebih dulu diperiksa yaitu pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

“Sama dengan yang lalu, standar pemeriksaan tim pemeroksa alat pemeriksaan semua diperlakukan sama sehingga hasilnya pun harus standar,” jelas dia.

 

3 dari 3 halaman

Pemeriksaan Kesehatan Wajib

Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyatakan,  pemeriksaan kesehatan adalah sebuah rangkaian wajib yang dijalani oleh setiap bakal calon presiden dan wakil presiden sebelum resmi berkontestasi. 

Hasyim menyebut, hasil tes kesehatan belum akan langsung diumumkan. Nantinya, hasil tes kesehatan baru akan disampaikan oleh tim dokter ke KPU pada keesokan harinya bersamaan dengan hasil dua kandidat yang sudah lebih dulu menjalani tes pemeriksaan kesehatan yaitu pasangan  Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

“Hasil dari rangkaian pemeriksaan kesehatan untuk 3 bakal pasangan calon yang sudah dilakukan pemeriksaan, itu nanti akan bersama-sama, hasil dari 3 bakal pasangan calon tersebut, oleh tim pemeriksa RSPAD Gatsu akan disampaikan pada KPU secara resmi pada hari Jumat tgl 27/10/2023, sekira jam 14.00 siang atau ba'da jumatan,” jelas Hasyim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.