Sukses

Polisi Beber Motif Pembunuhan Sekdes di Tuban: Dendam Cemburu Istri Diselingkuhi

Kapolres Tuban AKBP Suryono membeberkan motif pembunuhan Agus Sutrisno (33), seorang Sekretaris Desa (Sekdes) Sidonganti, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Liputan6.com, Tuban - Kapolres Tuban AKBP Suryono membeberkan motif pembunuhan Agus Sutrisno (33), seorang Sekretaris Desa (Sekdes) Sidonganti, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Pelaku Jano (45), pria asal Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban dengan sadis menghabis nyawa korban menggunakan parang karena dibakar api cemburu asmara. Sebab, pelaku mengaku dendam lantaran mengetahui istrinya berselingkuh dengan korban.

“Hasil pemeriksaan, kenapa pelaku melakukan pembunuhan karena diindikasikan istri pada pelaku ini berselingkuh dengan korban. Sehingga pelaku dendam, dan melalukan perencanaan pembunuhan,” beber Suryono, Rabu (25/10/2023).

Menurutnya, proses perencanaan pembunuhan terhadap korban dilakukan pelaku selama dua hari. Dimana, pelaku menyewa mobil pick up, membawa sajam parang, dan membuntuti korban ketika akan menghadiri rapat di kantor Kecamatan Kerek, Selasa pagi 24 Oktober 2023.

"Pelaku sempat mengikuti korban ketika melakukan perjalanan ke kantor Kecamatan Kerek untuk melakukan rapat di kecamatan,” jelas AKBP Suryono.

Pada saat situasi jalan sepi, pelaku menggunakan mobil pick up langsung menabrak sepeda motor trail bernopol S 2182 EAF yang dikendarai korban dari arah belakang. Akibatnya, korban terjatuh sampai terseret sejauh 50 meter dan lari ke ladang.

“Korban sempat lari ke ladang dan dikejar pelaku. Kemudian dilakukan pembacokan sampai korban meninggal dunia di lokasi kejadian,” jelas AKBP Suryono.

Puas melampiaskan dendamnya itu, pelaku yang berprofesi sebagai sopir langsung kabur meninggalkan korban dalam kondisi tewas bersimbah darah akibat dibacok menggunakan parang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelaku Menyerahkan Diri

Tim Satreskrim Polres Tuban pun melalukan pengejaran terhadap pelaku setelah anggota melalukan oleh tempat kejadian perkara (TKP) dan mengumpulkan bukti-bukti dalam kejadian tersebut.

“Setelah dikejar, pelaku akhirnya menyerahkan diri di Polsek Grabagan,” terang Kapolres Tuban.

Sebelumnya, korban Agus Sutrisno (33) ditemukan tergeletak tewas bersimbah darah dengan luka bacok akibat sajam parang di area persawahan atau ladang di jalan raya Kerek-Montong, tepatnya di Desa Hargoretno, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Selasa pagi (24/10/2023).

Kondisi itu membuat warga sekitar geger dan dilaporkan kepada pihak polsek setempat. Mendapat laporan, anggota bersama tim medis langsung melalukan olah TKP dan mengevakuasi jasad korban untuk dibawa ke RSUD dr Koesma Tuban.

Hasil penyelidikan, anggota mengantongi identitas pelaku dan dilakukan pengejaran. Alhasil, pelaku menyerahkan diri ke Polsek Grabagan, Polres Tuban setelah dilakukan pengejaran kurang dari 12 jam pasca kejadian pembunuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.