Sukses

FX Rudy Ogah Ambil Pusing Manuver Gibran Jadi Cawapres: Tugas Saya Sat Set Das Des Menangkan Ganjar-Mahfud

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyatakan, apa yang dilakukan wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka dengan maju sebagai cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024, merupakan hak yang dilindungi oleh undang-undang.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyatakan, apa yang dilakukan wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka dengan maju sebagai cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024, merupakan hak yang dilindungi oleh undang-undang.

"Kader militan enggak ada kata kecewa. Saya enggak pernah berpikiran negatif kepada orang lain, enggak mau menjelek-jelekkan," katanya, Minggu 22 Oktober 2023, dikutip dari Antara.

Dia menyatakan, sebagai kader partai harus siap kecewa dan dikecewakan menyusul dinamika politik yang terus berjalan. 

"Kader partai itu sudah saya beri pesan semua, harus siap kecewa dan siap dikecewakan. Nek durung (kalau belum) siap kecewa jangan jadi kader PDI Perjuangan," tegasnya.

Terkait dengan kelanjutan Gibran di PDI Perjuangan, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta mengatakan bahwa melihat kondisi saat ini, artinya Gibran secara otomatis sudah keluar dari PDIP.

 "Ya, otomatis to. Kalau sudah dari partai A ke partai B, berarti anggota partai B. Partai A-nya tergantung pada beliau sendiri," katanya. 

Disinggung secara etika politik, dia enggan menilai langkah yang sudah dilakukan oleh putra sulung Presiden RI Joko Widodo tersebut. 

"Saya enggak mau menilai orang lain. Menilai diri sendiri saja compang-camping kok," katanya. 

Ia juga memilih tidak ambil pusing dengan deklarasi capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dari Koalisi Indonesia Maju. 

"Pengaruh atau tidak itu masyarakat yang bisa menilai. Tugas saya merawat dan mengelola kader PDI Perjuangan bergerak sat-set das-des memenangkan Ganjar dan Mahfud," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resmi Jadi Cawapres Prabowo

Koalisi Indonesia Maju resmi mengusung Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden RI Joko Widodo sekaligus Wali Kota Surakarta, sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk berpasangan dengan bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

Prabowo, selepas rapat dengan ketua umum partai dan sekretaris jenderal partai anggota Koalisi Indonesia Maju di rumahnya, Jakarta, Minggu malam, mengumumkan nama Gibran diputuskan secara aklamasi.

Dia melanjutkan Koalisi Indonesia Maju mendaftarkan pasangan Prabowo-Gibran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari terakhir pendaftaran bakal capres-bakal cawapres, Rabu 25 Oktober 2023.

Dalam acara deklarasi itu, Gibran tidak terlihat di lokasi acara. Sejumlah elite partai anggota Koalisi, di antaranya Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut dia tidak hadir karena sesi rapat, yang mengawali deklarasi, diperuntukkan kepada ketua umum (ketum) dan sekjen partai anggota Koalisi Indonesia Maju.

“Malam ini adalah rapat ketum-ketum Koalisi Indonesia Maju sehingga yang hadir adalah para ketum dan sekjen partai koalisi,” kata Dasco menjawab pertanyaan wartawan.

3 dari 3 halaman

Reaksi Beragam Warganet

Gibran langsung menjadi perbincangan. Ya, dipilihnya Gibran yang masih menjabat sebagai Wali Kota Solo sebagai cawapres Prabowo menuai reaksi beragam dari warganet.

Di media sosial Twitter/X nama Gibran bahkan menjadi trending. Tak hanya itu, unggahan Instagram terbaru Gibran juga dibanjiri komentar warganet yang terbagi menjadi dua kubu. Ada yang mengaku kecewa dengan keputusan Gibran maju di Pilpres 2024, namun di sisi lain ada pula yang mendukung keputusannya tersebut. 

Sebagian warganet secara penuh mendukung keputusan putra Jokowi tersebut menjadi cawapres Prabowo. Hal ini terlihat dari dukungan yang mereka berikan di media sosial pribadi Gibran.

“Tapi emg perlu diakuin selama di Solo juga kinerja oke dan warga Solo juga banyak yang seneng Gibran jadi walikota dan itu fakta coy,” komentar akun @fayza***. 

“GIBRAN TAU MANA YANG BISA NGEBUAT BANGSA LEBIH BAIK, KARENA SELAMA INI MELIHAT BAPAK NYA DI BULLY KARENA KEBIJAKAN PARTAI NYAAA. MAJU TERUSSS ORANG BAIK!” timpal akun @capuu***. 

“Mas @gibran_rakabuming menjadi cawapres di usianya yang sangat masih muda bagi tips donk mas biar supaya jadi anak sukses terutama di politik,” tanya akun @ichalmuhammad***.

“Selamat Mas @gibran_rakabuming sebagai Cawapres Pak @prabowo! Pertama di Indonesia Cawapres dengan umur yang sangat muda. Kelak kalau garis tanganmu membawamu menjadi Wakil presiden buktikanlah kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia bahwa anda layak menjadi wakil presiden. #2024PrabowoGibran,” tulis @feliksssilu***.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.