Sukses

Gus Yaqut Beri Kriteria Capres yang Harus Dipilih Santri: Tantangan ke Depan Luar Biasa

Soal pilihan politik hal itu disebutnya merupakan ranah pribadi, namun para santri diimbau cerdas dalam menentukan pilihannya di pesta demokrasi tahun depan.

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut menyatakan suara dari kalangan santri di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 juga menjadi penentu arah laju bangsa untuk lima tahun ke depan.

"Karena itu, gelaran Pilpres 14 Februari 2024 harus dimanfaatkan oleh seluruh santri menyuarakan hak pilihnya. Santri harus terlibat di setiap episode sejarah negeri ini, termasuk memilih itu pasti melibatkan santri," kata Gus Yaqut saat memperingati Hari Santri di Surabaya, dilansir dari Antara, Sabtu (21/10/2023).

Soal pilihan politik hal itu disebutnya merupakan ranah pribadi, namun para santri diimbau cerdas dalam menentukan pilihannya di pesta demokrasi tahun depan.

Salah hal yang dicontohkan adalah rekam jejak, karenanya santri diimbau terlebih dahulu mencari tahu latar belakang dan pengalaman sosok yang akan dipilih.

"Saya harus mengulang kembali, santri jangan sampai memilih pemimpin yang hanya didasarkan pada penampakan fisik saja," ujarnya.

"Harus benar-benar orang yang memang siap memimpin negara ini, karena tantangan ke depan ini luar biasa," lanjutnya.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.